Google Luncurkan Fitur Baru untuk Mudahkan Penelusuran Suatu Topik

Rabu, 29 Maret 2023 - 09:19 WIB
loading...
Google Luncurkan Fitur Baru untuk Mudahkan Penelusuran Suatu Topik
Google mengumumkan fitur baru dan pengembangan beberapa fitur yang sudah ada untuk memudahkan menemukan pencarian dari sumber tepercaya. Foto/AndroidCentral
A A A
MENLO PARK - Google mengumumkan fitur baru dan pengembangan beberapa fitur yang sudah ada untuk memudahkan menemukan pencarian dari sumber tepercaya. Penambahan terkini untuk penelusuran (search) adalah caraousel Perspektif baru.

Fitur ini akan memunculkan posting dan konten yang relevan dari berbagai jurnalis dan suara tentang topik tertentu. Kedengarannya cukup berlebihan, karena akan berada tepat di bawah bagian Berita Teratas di halaman hasil pencarian.

“Perspektif akan memberi Anda berbagai suara penting tentang topik berita, melengkapi pelaporan tepercaya yang sudah Anda temukan di Penelusuran untuk membantu memperluas pemahaman Anda,” keterangan Google dikutip dari laman androidcentral, Rabu (29/3/2023).



Tambahan lain untuk Penelusuran adalah fitur baru Tentang penulis ini (About this author), yang diluncurkan secara global dalam bahasa Inggris. Mirip dengan Tentang hasil ini (About this result), fitur ini dimaksudkan untuk memberi pembaca lebih banyak konteks tentang siapa yang menulis karya tertentu yang muncul di hasil.

Fitur About this author dapat diakses dengan mengetuk tiga titik pada hasil pencarian. Fitur ini bertujuan untuk membantu pembaca memastikan bahwa mereka dapat mempercayai penulis dan kontennya.

Selain fitur-fitur baru ini, Google memperluas beberapa fitur yang sudah ada. Tentang hasil ini akan tersedia secara global dalam beberapa hari mendatang dalam semua bahasa tempat Penelusuran tersedia. Artinya lebih banyak pengguna akan dapat memperoleh konteks tambahan tentang penelusuran mereka.

Google Penelusuran (Google Search) juga memperluas ketersediaan penasehat kualitas informasinya. Ini memberi tahu pengguna bahwa topik tertentu mungkin tidak menampilkan banyak hasil tepercaya karena berbagai alasan.



Terutama jika topik tersebut relatif baru, dan saran akan tersedia dalam bahasa Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, dan Jepang, dalam beberapa bulan mendatang. Terakhir, Google membuat Tentang halaman ini (About this page) lebih mudah diakses dengan menempatkannya di bagian atas hasil pencarian.

Fitur itu juga akan mengisi konteks dari berbagai sumber tentang situs web. Memungkinkan pengguna untuk memeriksa apakah suatu situs dapat dipercaya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3904 seconds (0.1#10.140)