Ini 5 Fakta Tentang Pengguna Facebook di Indonesia

Jum'at, 24 Maret 2023 - 11:10 WIB
loading...
Ini 5 Fakta Tentang Pengguna Facebook di Indonesia
Facebook jadi lebih relevan bagi kaum milenial dan dewasa muda. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Selain Twitter, TikTok, Instagram, dan YouTube, Facebook masih jadi salah satu media sosial terbesar di Indonesia. Pada Januari 2022, misalnya, jumlah pengguna Facebook menurut situs NapoleonCat adalah 196,7 juta atau 70,4 persen dari seluruh populasi. Nah, berikut beberapa fakta tentang Facebook di Indonesia:

1. Milenial dan Dewasa Muda

Meski disebut sebagai platform yang dijauhi oleh Gen Z (lebih suka TikTok), Facebook disebut Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian punya segmennya sendiri. Yakni, kaum milenial dan dewasa muda.

NapoleonCat mencatat bahwa usia pengguna terbesar Facebook adalah 18 tahun-24 tahun (62,3 juta pengguna).

2. Grup Facebook Berkembang Pesat

Di Indonesia, Facebook memang tidak menyebut jumlah pengguna. Namun, mereka mengklaim bahwa fitur Grup di Facebook berkembang pesat. Tumbuh dari 7,5 juta Grup di 2020 menjadi 10,5 juta Grup saat ini.

3. Kewirausahaan

Pieter mengatakan, Facebook memainkan peran penting untuk membangun perjalanan kewirausahaan di kalangan milenial dan dewasa muda. Menurutnya, pembicaraan seputar bisnis fesyen di kalangan pengusaha muda Indonesia tergolong tinggi. “Misalnya perbincangan seputar bisnis Baju Kurung yang meningkat hingga 195% dan bisnis Baju Gamis sukses besar di Facebook,” ujarnya.

4. Konten Makanan

Facebook, disebut Peter, juga menjadi platform yang sangat populer soal makanan. “Makanan eksotis seperti Durian mendapat banyak perhatian dari komunitas di Meta dan percakapan seputar buah ini meningkat 11.000% tahun lalu,” ungkapnya.


5. Fitur Baru untuk Kreator

Baru-baru ini, Facebook juga merilis Mode Profesional untuk Profil. Yakni memberikan peluang monetisasi dan penggunaan fitur profesional. Facebook juga mengaktifkan fitur cross-sharing antara Facebook & Instagram yang memungkinkan kreator meningkatkan jumlah penonton mereka hingga 30% hanya dengan membagikan Reel mereka ke Facebook.

“Tahun ini, kami fokus untuk mengadaptasi dan meningkatkan fitur untuk video berdurasi pendek. Kami telah mulai menguji coba iklan kami di Facebook Reel di Indonesia untuk membantu lebih banyak kreator mendapatkan pendapatan iklan untuk Reel mereka,"beberPeter.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)