6 Fitur Rahasia yang Jarang Diketahui di Galaxy S23 Series

Sabtu, 11 Maret 2023 - 14:18 WIB
loading...
6 Fitur Rahasia yang Jarang Diketahui di Galaxy S23 Series
Fitur rahasia di Galaxy S23 series bisa bikin kegiatan membuat konten atau aktivitas harian lebih mudah. Foto: dok SEIN
A A A
JAKARTA - Galaxy S23 series ternyata punya banyak sekali fitur rahasia. Fitur-fitur ini jarang digunakan, padahal jika tahu caranya justru bikin banyak kegiatan atau tugas cepat selesai.

“Ada banyak cara untuk navigasi, bikin konten, hingga multitasking. Misalnya Camera Assistant di kamera, S pen, hingga One UI 5.1,” ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Nah, berikut fitur rahasia yang jarang diketahui di Galaxy S23 series:

1. Camera Assistant
6 Fitur Rahasia yang Jarang Diketahui di Galaxy S23 Series

Untuk menggunakan Camera Assistant, unduh aplikasinya di Galaxy Store. Lalu buka Camera Assistant di menu pengaturan kamera. Pilih fitur terotomasi yang ingin dipakai untuk memotret. Misalnya, mengaktifkan atau menonaktifkan mode HDR. Atau, menentukan lensa yang ingin dipakai untuk memotret dengan mengatur fitur Auto Lens Switching

6 Fitur Rahasia yang Jarang Diketahui di Galaxy S23 Series

Foto HDR (kiri) dan non HDR (kanan).

Fitur lain, Soften Pictures untuk membuat tepi atau tekstur yang tegas dari objek yang difoto menjadi lebih halus. Misalnya saat foto selfie atau portrait agar tampilan kulit yang lebih halus.

Ada juga Faster Shutter yang dapat diaktifkan agar shutter kamera dapat diklik dengan lebih cepat. Cocok untuk memotret objek yang bergerak.
Camera Timeout berguna untuk memilih berapa lama tampilan preview dari kamera hidup secara terus menerus

2. Bikin Foto Biasa Jadi Bokeh
6 Fitur Rahasia yang Jarang Diketahui di Galaxy S23 Series


Foto dengan efek bokeh dan tidak menggunakan efek bokeh. Foto: dok Samsung

Menambahkan efek bokeh di foto biasa bisa dilakukan berkat editing tools. Di foto Portrait, pengguna bisa menambahkan efek bokeh, atur intensitas keburaman, hingga memilih mode bokeh untuk menciptakan foto portrait terbaik.

3. S Pen
6 Fitur Rahasia yang Jarang Diketahui di Galaxy S23 Series

S Pen hanya tersedia di Galaxy S23 Ultra 5G. Tidak sekadar alat tulis atau gambar, tapi juga bisa berfungsi sebagai ‘remote’ hingga ‘kaca pembesar’. Salah satu fitur unik S Pen adalah mengekstrak tulisan di gambar menggunakan fitur Text Capture. Anda bisa mengambil informasi di dalam gambar secara instan tanpa mengetik ulang.

Jadi, saat menerima gambar berisi alamat atau nomor rekening, cukup blok tulisan yang ada lalu copy-paste ke tujuan yang diinginkan.

4. Bikin Remote di Kamera
6 Fitur Rahasia yang Jarang Diketahui di Galaxy S23 Series

S Pen dapati dipakai sebagai ‘remote’ untuk kamera. Tekan tombol S Pen selama 2-3 detik untuk buka kamera, tekan tombol S Pen sekali untuk menekan shutter, serta tekan tombol S Pen dua kali untuk beralih dari kamera belakang ke depan atau sebaliknya. Fungsi gesture pada S Pen berguna pula untuk zoom in dan zoom out demi mendapat porsi gambar yang diinginkan.

5. Swipe gesture
6 Fitur Rahasia yang Jarang Diketahui di Galaxy S23 Series

Dengan One UI 5.1, pengguna bisa multitasking lebih praktis hanya dengan satu gerakan jari. One UI 5.1 membekali Galaxy S23 Series 5G dengan fungsi gesture khusus untuk multitasking di mana pengguna bisa memakai Multi Window hanya dalam satu kali swipe.

Jadi, cukup swipe dua jari dari bagian bawah layar. Lalu Galaxy S23 Series 5G akan menjalankan mode split screen atau pop-up view. Untuk bisa pakai fungsi gesture ini, pastikan telah mengaktifkannya di menu Labs. Caranya, buka Settings, pilih Advanced Features, lalu pilih Labs dan aktifkan toggle Swipe for pop-up view dan Swipe for split screen.


6. Live sharing

Ketika memakai fitur live sharing di Google Meet, seluruh partisipan di panggilan video bisa bersama-sama edit-edit catatan atau dokumen yang dibuka di Samsung Notes secara real-time. Hasil brainstorming pun bisa lebih maksimal karena semua orang bisa berpartisipasi secaralangsung.

Galaxy S23 Series 5G sudah tersedia di toko daring maupun gerai retail. Pengguna bisa mengunjungi consumer launch di Pondok Indah Mall II, Jakarta pada 8-12 Maret, Grand Indonesia, Jakarta pada 15-19 Maret, dan Sun Plaza, Medan pada 29 Maret - 2 April. Selama consumer launch, konsumen bisa menikmati penawaran eksklusif senilai total hingga Rp4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2857 seconds (0.1#10.140)