Telkomsel Gunakan Teknologi AI Microsoft yang Dipakai ChatGPT

Senin, 06 Maret 2023 - 12:29 WIB
loading...
Telkomsel Gunakan Teknologi AI Microsoft yang Dipakai ChatGPT
Telkomsel memakai server Azure dengan kecerdasan buatan yang dipakai oleh OpenAI. Foto: dok Microsoft
A A A
JAKARTA - Telkomsel gandeng Microsoft untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang digunakan juga oleh ChatGPT , yakni Microsoft Azure Artificial Intelligence.

Seperti diketahui, pada 2019 Microsoft melakukan investasi senilai USD1 miliar kepada perusahaan OpenAI yang membuat ChatGPT. Hasilnya, ChatGPT berjalan menggunakan server Azure milik Microsoft.

Kini, Microsoft Azure Artificial Intelligence (AI) digunakan pula oleh Telkomsel dalam platform marketing Telkomsel untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

Integrasi tersebut dibahas di Barcelona pada Mobile World Congress 2023. “Teknologi AI saat ini telah berkembang pesat, di mana mampu mengubah cara bisnis beroperasi di berbagai industri,” beber Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng.

Derrick mengatakan, dengan kolaborasi bersama Microsoft, Telkomsel ingin meningkatkan customer engagement dan kepuasan pelanggan melalui integrasi platform marketing Telkomsel dengan Microsoft Azure AI untuk dapat menganalisis data insight. Sehingga dapat menghadirkan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

“Melalui kolaborasi ini kami dapat memberi pengalaman lebih personal, efisien, dan terbaik bagi pelanggan dalam menikmati berbagai aktivitas gaya hidup digitalnya,” ujar Derrick.



Telkomsel Gunakan Teknologi AI Microsoft yang Dipakai ChatGPT

Sementara itu, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan bahwa lewat integrasi tersebut Telkomsel akan berkolaborasi dengan Microsoft untuk bersama-sama menentukan proses end-to-end dalam meningkatkan dan mengembangkan platform marketing Telkomsel dengan menggabungkan Neural Language Processing yang dapat menganalisis data. ”Juga menghasilkan insight yang membantu mengoptimalkan strategi bisnis secara efektif,” ujar Dharma.

Menurut Dharma, Telkomsel akan menggunakan algoritma machine learning Azure AI untuk menganalisis data insight, neural language processing untuk bisa memahami interaksi dan sentimen pelanggan lebih baik, dan analitik prediktif untuk mengantisipasi perilaku di masa depan.

“Teknologi ini akan memungkinkan Telkomsel untuk menciptakan produk maupun layanan yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan dan preferensi unik setiap pelanggan,”tutupDharma.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)