Ini 10 Penyebab Sering Blue Screen pada Windows 11, Pahami dan Kenali!

Kamis, 23 Februari 2023 - 17:03 WIB
loading...
Ini 10 Penyebab Sering Blue Screen pada Windows 11, Pahami dan Kenali!
Terdapat 10 penyebab munculnya Blue Screen pada Windows 11, baik itu dari perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat 10 penyebab munculnya Blue Screen pada Windows 11 , baik itu dari perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware). Dengan memahaminya, Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah tersebut.

Blue Screen merupakan istilah populer untuk sistem Windows yang mengalami kesalahan sistem pada software maupun hardware, sehingga sistem operasi terpaksa dihentikan dan ditampilkan melalui layar.

Meskipun namanya Blue Screen bukan berarti keseluruhan layar menjadi biru. Umumnya akan muncul layar biru berbarengan dengan notifikasi "“Your PC ran into a problem and needs to restart”.

Baca juga : Microsoft Akan Luncurkan Versi Baru Windows, Apakah Itu Windows 11?

Kesalahan sistem yang juga dikenal dengan BSOD atau Blue Screen of Death ini belakangan memang kerap terjadi di sistem Windows 11.

Sebenarnya, seluruh sistem operasi Windows terdahulu seperti Windows 7 sampai 10 juga berpotensi untuk mengalami masalah ini. Namun pada kasus BSOD di Windows 11 memang terbilang lebih sering.

Biasanya kondisi Blue Screen ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti di antaranya :

1. Program atau Driver Baru

File program atau driver yang baru saja di install bisa menjadi penyebab Blue Screen karena mengandung data yang bermasalah.

2. Program atau Driver Lama

Sebaliknya, penyebab BSOD juga bisa jadi dikarenakan file program atau driver perangkat lama atau sudah tidak kompatibel sehingga menyebabkan stop error yang terputus-putus.

3. File Sistem Rusak

Terkadang Windows juga bisa melakukan kesalahan dan mendorong pembaruan yang tidak sengaja dan tiba-tiba, sehingga hal ini menyebabkan sistem macet dan menjadi penyebab blue screen.

4. Virus dan Malware

Pindailah sistem secara menyeluruh untuk menyingkirkan virus dan malware, sebab mereka bisa merusak file program atau driver sehingga menjadi penyebab BSOD. Pastikan antivirus yang berada di perangkat mengalami pembaruan cukup ke versi terbaru sebelum memulai pemindaian sistem.

5. BIOS

BIOS biasanya jarang disarankan untuk diperbarui, karena memang awet dan masih bisa berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun.

Namun terkadang ketidakcocokan antara software dan hardware atau bahkan antara hardware yang dipasang bisa menjadi penyebab Blue Screen. Karena itu, perlu memperbarui BIOS ke versi terbaru.

Baca juga : Download Windows 11 Gratis, Begini Caranya…

6. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang dimaksud adalah kipas. Bila komponen ini sudah tidak berjalan dengan baik maka bisa menghentikan pendinginan komputer dan menjadi penyebab layar biru.

7. Ruang Penyimpanan Kurang

Kurangnya ruang penyimpanan juga bisa menjadi penyebab Blue Screen. Sehingga perlu melakukan pemeriksaan memory.

8. Memasang Hardware yang Tidak Perlu

Perangkat yang mungkin perlu dicabut saat proses penginstalan adalah, flash drive, kartu SD, hard drive portable, monitor sekunder, printer, kabel HDMI, ponsel cerdas, dan lain-lain.

Dikarenakan perangkat tambahan ini dapat mengganggu proses install program atau update driver sistem operasi.

9. Kabel Longgar

Perangkat keras seperti hard drive dan chip RAM yang tidak terpasang sempurna atau longgar dapat menimbulkan kode STOP dan menjadi penyebab layar biru.

10 . Hardware yang Gagal

Kadang-kadang, perangkat keras mencapai akhir masa pakainya atau dalam kata lain sudah waktunya ganti. Hal ini juga menjadi penyebab blue screen. Lakukan tes diagnostik perangkat keras guna memastikannya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)