Cara Menggunakan Mode Fokus di iPhone Agar Konsentrasi Belajar

Senin, 06 Februari 2023 - 11:02 WIB
loading...
Cara Menggunakan Mode Fokus di iPhone Agar Konsentrasi Belajar
Cara menggunakan mode fokus di iPhone penting diketahui pengguna Apple. Foto: Apple
A A A
JAKARTA - Cara menggunakan mode fokus di iPhone penting untuk dipahami. Sebab, dampaknya sangat besar untuk produktivitas. Focus Mode atau Mode Fokus di iPhone adalah fitur yang tersedia pada perangkat iPhone dengan iOS 14 ke atas.

Fungsinya, memungkinkan pengguna memblokir akses ke aplikasi tertentu selama periode waktu tertentu. Ini penting untuk membantu mengurangi distraksi dan memfokuskan perhatian pada tugas yang sedang dilakukan.

Mode fokus dapat diaktifkan dan dinonaktifkan melalui "Setting" dan "Screen Time" di iPhone.

Menggunakan Mode Fokus di iPhone atau iPad
Menggunakan Mode Fokus bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Pertama-tama, Anda harus menyalakan Mode Fokus terlebih dulu. Caranya:

1. Buka Pengaturan > Fokus.
2. Ketuk pilihan Fokus yang disediakan—seperti Jangan Ganggu, Pribadi, Tidur, atau Kantor—lalu ketuk Sesuaikan Fokus.
3. Atur Fokus. Anda dapat memilih pemberitahuan yang diizinkan atau diheningkan dari orang dan app, menghubungkan Layar Terkunci atau Layar Utama, menyalakan Fokus ini secara otomatis, dan menambahkan filter Fokus.
4. Anda juga dapat mengaktifkan pemberitahuan Sensitif Waktu dari app, yang akan mengizinkan app di luar daftar yang diizinkan untuk mengirim pemberitahuan yang ditandai sebagai Sensitif Waktu.

Menyalakan Mode Fokus dari Control Panel
Anda juga dapat menyalakan Fokus dari Pusat Kontrol. Cukup buka Pusat Kontrol di iPhone, atau iPad, sentuh dan tahan Fokus, lalu pilih Fokus yang ingin dinyalakan.

Saat Anda mengatur Fokus, ikon akan muncul di bar status dan di Layar Terkunci, dan status Anda secara otomatis ditampilkan di app Pesan.

Saat ada yang mencoba mengirimkan pesan kepada Anda, mereka akan melihat bahwa Anda mengheningkan pemberitahuan, tetapi mereka masih dapat memberi tahu Anda jika pesan tersebut bersifat mendesak.

Saat Anda menggunakan Fokus di satu perangkat, pengaturan diterapkan secara otomatis di seluruh perangkat Apple tempat Anda masuk menggunakan ID Apple yang sama.



Mengatur Fokus khusus
Jika ingin berkonsentrasi pada aktivitas yang tidak ada dalam pilihan Fokus yang disediakan, Anda dapat membuat Fokus Khusus. Caranya:

1. Buka Pengaturan > Fokus.
2. Ketuk tombol Tambah , lalu ketuk Khusus atau telusuri pilihan tambahan.
3. Masukkan nama untuk Fokus Anda.
4. Pilih warna dan ikon untuk mewakili Fokus Anda, lalu ketuk Berikutnya.
5. Sesuaikan pilihan untukFokusAnda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8085 seconds (0.1#10.140)