10 Tips Belajar Bahasa Pemrograman Efektif Secara Otodidak

Selasa, 06 Desember 2022 - 14:52 WIB
Tips belajar bahasa pemrograman efektif secara otodidak penting diketahui mereka yang ingin mandiri. Foto: ist
JAKARTA - Tips belajar bahasa pemrograman efektif secara otodidak wajib dipahami. Sebab, di era modern banyak orang yang mulai tertarik dengan dunia digital dan ingin mempelajari cara pemrograman atau programming.

Namun, banyak yang tak tahu cara memulainya. Terlebih dilakukan secara mandiri atau otodidak.

Banyak yang berpikir untuk belajar pemrograman butuh aplikasi tertentu atau perangkat dengan spesifikasi tinggi. Ini membuat banyak orang mengurungkan niat untuk belajar menjadi programer.

Sebenarnya, pemrograman adalah sebuah proses membuat program di komputer, bisa berupa software, website, hingga aplikasi untuk perangkat Android atau iOS.

Tapi, ada tingkatan yang berbeda dalam tiap bidang tersebut.



Banyak cara untuk belajar pemrograman seperti mengambil kuliah jurusan teknik informatika, mengikuti kursus, bahkan mempelajarinya secara otodidak.

Khusus untuk mereka yang ingin belajaar otodidak, berikut 10 tips bejalar pemrograman seperti silansir dari kanal YouTube Web Programming UNPAS:

1. Tentukan Tujuan

Menentukan tujuan untuk mempelajari pemrograman menjadi hal paling penting sebelum melangkah lebih jauh. Setelah tahu tujuan, baru bisa berpikir langkah selanjutnya. Misalnya, ingin membuat website.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More