Mengenal Jerry Lawson, Bapak Game Kartrid yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Kamis, 01 Desember 2022 - 07:02 WIB
Berkat Lawson, video game konsol ada dan berkembang seperti sekarang. Foto: ist
NEW YORK - Namanya mungkin tidak setenar Steve Jobs atau Bill Gates. Tapi ada alasan mengapa Jerry Lawson dijuluki sebagai Bapak Video Game Kartrid dan dijadikan Google Doodle hari ini.

Lawson adalah orang yang mencetuskan sistem di video game, sehingga membuka jalan bagi konsol video game populer. Ia disebut sebagai pelopor game modern. Dan ini sangat unik. Karena, sedikit sekali orang kulit hitam di industri game di era 1980an.

Lawson memimpin tim yang kemudian mengembangkan sistem video game rumahan/konsol pertama (disebut game kartrid). Game kartrid dapat dilepas pasang, berisi ROM yang dirancang untuk dihubungkan ke konsol permainan video. Atas kontribusinya, Lawson dijuluki sebagai "bapak video game kartrid".



Nah, untuk menghormati kontribusi Lawson pada dunia game, Google membuat koleksi game Doodle interaktif untuk menandai ulang tahun ke-82 Lawson pada hari ini, Kamis 1 Desember 2022.





Tidak hanya dapat dimainkan, game yang mengingatkan pada bentuk video game era 1970an itu juga mengajak Anda berinteraksi. Caranya, dengan mengedit piksel demi piksel di dalam game, sekaligus merasakan langsung bagaimana membuat game di era itu. Hal ini sekaligus menegaskan poin-poin penting dalam karier Lawson.

Hobi Utak-atik Perangkat Elektronik

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More