Menunggu Alvin Tse Selanjutnya di Xiaomi Indonesia

Sabtu, 04 Juni 2022 - 21:20 WIB
Alvin menaruh prioritas untuk menyelesaikan masalah ini, dan salah satunya mengupayakan solusi untuk mempermudah konsumen agar bisa mendapatkan produk. Kini makin mudah untuk mendapatkan produk Xiaomi karena juga hadir di platform lokapasar seperti JD.id, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Akulaku, atau blibli.com. Bagi mereka yang memilih untuk membeli secara langsung, Xiaomi juga berekspansi secara strategis sehingga kini ada sekitar 80 lebih Xiaomi Stores, 400 lebih Xiaomi Shops, serta Xiaomi Preferred Partner yang jumlahnya ribuan di berbagai titik di Indonesia.

Kini sebutan “ghoib” tidak lagi menjadi gelar yang harus disematkan setiap kali produk baru dijual ke pasar. Masih ada memang, temuan kata “ghoib” pada kolom komentar tapi hal itu tinggal minoritas jumlahnya dan semata-mata hanya karena ketidaktahuan bahwa kini Xiaomi memiliki banyak saluran untuk bisa membeli produk smartphone maupun ekosistem.

Tidak ada lagi smartphone murah



Perubahan mencolok yang terjadi pada era Alvin Tse adalah portofolio produk Xiaomi yang makin relevan untuk lebih banyak orang. Pada tahun-tahun awal, seri produk yang mendominasi peluncuran di Indonesia adalah Redmi dan Redmi Note yang mengincar segmen entry-level dan menengah. Pendekatan tersebut bisa dipahami karena seri tersebut tergolong volume driver yang mendatangkan pemasukan melalui penjualan dalam jumlah yang besar.

Di sisi lain, hal tersebut juga menimbulkan tantangan karena hanya itulah yang kemudian diingat oleh publik di Indonesia. Padahal Xiaomi juga menghadirkan beragam inovasi terbaru melalui fitur ponsel pintar kelas flagship serta desain premium melalui seri Mi (yang kini disebut seri Xiaomi), belum termasuk produk ekosistem. Kesan awal ini harus segera diubah agar Xiaomi bisa diterima oleh lebih banyak orang di Indonesia.

Momentum bagi Xiaomi untuk mengubah kesan ini dirintis melalui peluncuran seri Mi Note 10 yang memperkenalkan seri produk yang mengincar segmen menengah ke atas. Setelah itu seri flagship tidak pernah lagi absen untuk diperkenalkan bagi Indonesia seperti Mi 10 series, Mi 11 series, hingga seri ultrapremium Mi 11 Ultra yang juga hadir di pasar Indonesia secara resmi.

Keputusan tersebut membawa pesan yang cukup tegas bagi konsumen di Indonesia: Xiaomi serius menggarap pasar Tanah Air. Ini juga belum termasuk komitmen dalam menghadirkan produk ekosistem lebih beragam lagi sesuai strategi global yakni “SmartphoneXAIoT” yang menempatkan ponsel pintar di tengah produk ekosistem untuk menghadirkan kualitas hidup lebih baik melalui teknologi.

Tidak lagi sekadar powerbank, tapi Xiaomi sudah menghadirkan produk yang bisa dipakai untuk melengkapi kualitas hidup pengguna seperti penjernih udara, penyedot debu, TV pintar, hingga perangkat masak seperti Mi Smart Air Fryer 3.5L. Xiaomi telah mencapai satu titik dimana dia tidak lagi hanya disebut sebagai brand smartphone karena portofolio produknya sudah beragam.

Pencapaian-pencapaian tersebut dikomunikasikan dengan harapan bisa memperbaiki persepsi publik mengenai Xiaomi. Termasuk keberhasilan menjadi brand smartphone nomor 1 di Indonesia pada Q2 2021 dengan pangsa pasar 28% dan pertumbuhan 112% year-on-year tidak lain adalah untuk menunjukkan komitmen Xiaomi untuk tumbuh di Indonesia bersama para penggunanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More