Dimata-matai Google Lewat Ponsel Pintar, Ini Cara untuk Menghentikannya

Minggu, 28 November 2021 - 08:00 WIB
Google akan terus memantau penggunanya selama mengaktifkan berbagai aplikasi yang ada di Google. Foto/IST
JAKARTA - Penggunaan aplikasi Google di ponsel pintar bukan hal asing yang dilakukan banyak orang. Pencarian berita, penggunaan email dari Google hingga mencari alamat dan rute jalan melalui Google adalah hal yang selalu dilakukan setiap orang.

Namun tidak semua orang tahu penggunaan aplikasi itu justru akan membuat Anda terus dipantau oleh Google. Kemana pun Anda bepergian dan berinteraksi akan terus diawasi oleh Google.

Hal itu memang bukan isu semata pasalnya berdasarkan investigasi yang dilakukan pada 2018 yang dilakukan Associated Press menyebutkan Google tetap bisa memantau pergerakan Anda 24 jam meski telah mematikan riwayat lokasi. Hal itu terjadi karena deteksi masih bisa dilakukan melalui penggunaan aplikasi dan aktivitas web yang ada di ponsel pintar Anda.



"Google menyebutkan informasi itu hanya jadi database buat Google dan tidak akan digunakan untuk kepentingan pihak ketiga atau pengiklan," tulis CNET.



Hanya saja jika Anda merasa keberatan dengan pantauan Google, Anda bisa melakukan cara ini untuk menghentikannya, cermati:

1. Buka Google.com di desktop atau ponsel pintar Anda.

2. Di ujung atas sebelah kanan, masuk ke dalam akun Google milik Anda, jika Anda memang belum masuk.

3. Pilih opsi "Manage Your Google Account".
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More