Cara Membuat dan Menggunakan Google Scholar

Rabu, 24 November 2021 - 18:27 WIB
Layanan Google yang juga dikenal dengan nama Google Cendekia ini bukanlah hal yang asing di kalangan akademisi.
JAKARTA - Google bukanlah perusahaan yang asing bagi masyarakat dunia. Perusahaan teknologi raksasa tersebut telah menghasilkan banyak inovasi untuk mempermudah kehidupan masyarakat modern. Selain mesin pencarian internet dan peta berskala dunia, ada satu lagi inovasi Google yang sangat bermanfaat yaitu Google Scholar . Layanan Google yang juga dikenal dengan nama Google Cendekia ini bukanlah hal yang asing di kalangan akademisi.

Mau tahu lebih banyak soal Google Scholar? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Google Scholar?

Google Scholar adalah layanan pencarian besutan Google yang dikhususkan bagi para pelajar, mahasiswa, maupun kalangan akademisi lainnya yang membutuhkan referensi ilmiah. Layanan Google yang satu ini dibuat oleh Anurag Acharya, mantan akademisi yang bergabung dalam tim web-indexing Google pada 2000.

Proses peluncuran resminya dilakukan pada 2004 dan telah membantu banyak akademisi dunia hingga saat ini. Bila kamu termasuk akademisi, maka kamu bisa memperoleh berbagai referensi terpercaya melalui Google Scholar Indonesia untuk membuat skripsi, tesis, penelitian, dan jenis karya ilmiah lainnya. Koleksi Google Scholar jurnal memiliki kredibilitas yang telah teruji karena dihasilkan oleh para akademisi nasional dan internasional dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, matematika, dan lain sebagainya.



Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Google Scholar bila sudah terdaftar menjadi salah satu penggunanya adalah sebagai berikut:

● Bisa mengakses tulisan akademik dan berbagai referensi ilmiah lainnya tanpa harus mengunjungi perpustakaan fisik. Manfaat yang satu ini tentu sangat membantu di masa pandemi, terutama saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih diberlakukan.

● Proses pencarian referensi ilmiah bisa dilakukan secara cepat dalam hitungan detik.

● Menampung berbagai referensi ilmiah yang sudah kamu kumpulkan secara praktis dan efisien. Lain halnya jika kamu masih menggunakan cara manual seperti mengumpulkan buku.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More