Tips Belanja Online tapi Gaji Nggak Cepat Habis!

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 16:40 WIB
Memanfaatkan promo, belanja sesuai kebutuhan, serta berinvestasi adalah beberapa langkah untuk membuat gaji tidak cepat habis. Foto: dok Tokopedia
JAKARTA - Situasi pandemi penuh ketidakpastian. Sehingga, masyarakat harus lebih jeli dalam mengelola keuangan. Riset 2020 LPEM FEB UI menyebut rata-rata pengeluaran bulanan masyarakat sebelum dan saat pandemi di Tokopedia meningkat 71%. Artinya, masyarakat justru aktif berbelanja di masa pandemi.



Namun, kemudahan berbelanja online terkadang membuat konsumen terlena. Gaji bulanan cepat habis karena membeli beragam kebutuhan yang terkadang tidak penting.

Padahal, menurut AVP of Payment Tokopedia Astrid Theresia Tampubolon, mengelola penghasilan dengan bijaksana sangat penting agar setiap bulan ada dana yang dialokasikan untuk kebutuhan mendadak. ”Terutama di tengah situasi tidak pasti seperti sekarang,” ujarnya. Berikut tips mengelola penghasilan dengan bijak di masa pandemi menurut Tokopedia:

1. Catat Semua Pengeluaran



Rutin mencatat pengeluaran akan membantu memonitor keluar masuk dana. Hal ini membantu mengevaluasi dan mengeliminasi pengeluaran yang tidak perlu ke depannya.

2. Atur Prioritas Kebutuhan

Mengatur keuangan bulanan penting dilakukan agar gaji yang dimiliki bisa dialokasi dengan baik. Atur prioritas pengeluaran berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.

3. Manfaatkan Promo
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More