Tips Hindari Penipuan Email Palsu di Facebook dan Instagram

Selasa, 16 Februari 2021 - 12:10 WIB
Facebook dan Instagram mengembangkan fitur yang dapat membantu orang untuk tetap aman dan nyaman saat menggunakan platform tersebut. Foto/Ist
JAKARTA - Pernahkah Anda mendapatkan email yang mengaku dari pihak Facebook , lalu meminta informasi pribadi seperti nama akun dan password ?

Atau email dari Instagram yang mengklaim bahwa akun Anda akan diblokir atau dihapus jika tidak mengikuti arahan yang diberikan? Ya, bisa jadi Anda sedang mendapat serangan phishing atau penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi.

Phising merupakan salah satu bentuk serangan siber, yaitu ketika seseorang berpura-pura menjadi orang lain, dan berusaha mengelabui, hingga korban menyerahkan informasi pribadi. Dalam kasus ini, penipu biasanya akan mengirimkan email yang seolah-olah berasal dari Facebook atau Instagram dengan menyertakan logo. Sehingga sulit bagi sebagian orang untuk mengidentifikasi email asli dan email palsu.



Untuk itu, Facebook dan Instagram mengembangkan fitur yang dapat membantu orang untuk tetap aman dan nyaman saat menggunakan platform tersebut.



Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari aksi tipu daya phishing di Facebook dan Instagram.

Facebook menyarankan apabila pernah menerima email yang mengaku dari Facebook, Anda bisa mengonfirmasi kebenarannya dengan memeriksa email terbaru yang dikirimkan oleh Facebook melalui langkah-langkah ini:

1. Buka aplikasi Facebook di ponselmu.

2. Klik ikon tiga garis di kanan bawah aplikasi Facebook.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More