7 Suku Cadang Mobil yang Harus Sering Diganti Agar Berkendara Nyaman dan Aman

Selasa, 27 Oktober 2020 - 03:44 WIB
2. Busi

Busi adalah sparepart yang berukuran kecil, namun berpengaruh besar terhadap kinerja mobil. Fungsi busi yaitu memantik api untuk menciptakan pembakaran di ruang mesin. Ketika busi bermasalah ini mengakibatkan pembakaran di ruang mesin menjadi kurang optimal dan konsumsi bahan bakarnya lebih boros.

Setiap pemakaian 20.000 kilometer dianjurkan mengganti busi baru. Sehingga pembakaran lebih sempurna dan mobil berjalan dengan nyaman.

3. Filter Udara

Memang betul, bagian filter udara dibersihkan ketika service rutin dan bisa dilakukan perawatan mandiri secara berkala. Tetapi penting diingat bahwa filter udara mempunyai batas usia dan perlu diganti.

Membersihkan filter udara secara rutin bisa membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Karena fungsinya adalah menyaring debu dan kotoran dari udara luar. Ketika kotor ini akan menghambat pasokan udara ke ruang bakar.

Secara umum, penggantian filter udara sebaiknya dilakukan setiap 40.000 kilometer. Lalu dibersihkan setiap 10.000 kilometer.

4. Kanvas Rem

Kalau onderdil satu ini pasti sudah banyak yang mengetahui memang harus sering diganti. Idealnya, kanvas rem diganti pada jarak tempuh 50.000-105.000 kilometer.

Sekitar pemakaian 3 tahun dan tidak boleh lebih dari 5 tahun. Sebagai salah satu suku cadang mobil yang sering diganti, Anda perlu memerhatikan sudah berapa lama pemakaian kanvas rem. Mobil yang memiliki bodi kecil lebih awet kanvas rem dibandingkan mobil berbodi besar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More