4G vs 5G, Benarkah Jaringan Internet Generasi Kelima Lebih Baik?

Selasa, 29 September 2020 - 16:53 WIB
Beragam kemungkinan yang ditawarkan oleh 5G adalah yang pertama di industri. Ini akan memungkinkan komunikasi mesin-ke-mesin dan ini akan membawa dampak besar pada setiap segmen industri mulai dari perbankan hingga perawatan kesehatan.

5G dapat mengontrol dan memantau drone saat mengirimkan paket, dapat meningkatkan pengembangan mobil tanpa pengemudi, dan meningkatkan upaya telemedicine. Faktanya, 5G telah sangat membantu China selama fase terburuk pandemik COVID-19.

Jalan Panjang dari 1G ke 5G

Laman Phone Arena menyebutkan, publik telah melihat peningkatan jaringan seluler selama beberapa tahun terakhir. Namun, evolusi telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dan sulit untuk membandingkan evolusinya dengan apa pun di dunia teknologi lainnya.

1G

Pengembangan 1G dimulai pada 1979. Ini memasarkan jaringan telekomunikasi generasi pertama yang memungkinkan pengguna berkomunikasi saat bepergian. Namun, karena ini adalah awalan teknologi baru, maka layanannya mengalami masalah -jangkauan rendah dan kualitas suara buruk.

Selain itu, pengguna tidak memiliki opsi roaming untuk digunakan. Karena tidak ada dukungan antara operator yang berbeda karena setiap telekomunikasi beroperasi pada rentang frekuensi yang unik.

Bahkan perusahaan besar pun tidak aman dari kekurangan 1G. Panggilan tidak dienkripsi, jadi sangat mudah bagi orang yang berniat buruk untuk mencegat dan memata-matai panggilan tersebut.

2G

2G adalah evolusi besar pertama di segmen ini. Di bawah standar GSM dan memasarkan pergeseran sinyal dari radio analog ke digital.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More