Figure 02: Ancaman atau Sahabat? Robot Humanoid yang Siap Mengubah Dunia

Senin, 16 September 2024 - 19:49 WIB
Figure 02 tidak hanya dirancang untuk demonstrasi, tetapi juga sedang diterapkan di pabrik otomotif.

BMW Group telah mensponsori penerapan robot ini di sebuah perusahaan manufaktur di Spartanburg, South Carolina. Robot ini terlibat dalam pengumpulan data dan melakukan pelatihan kasus penggunaan, menunjukkan bahwa robot tersebut dapat melakukan fungsi sederhana dalam lingkungan industri.

BMW juga berencana menggunakan Figure 02 di salah satu pabriknya. Proyek ini mewujudkan pergeseran tren dalam menggabungkan robot ke dalam lingkungan kerja yang berorientasi pada manusia di mana struktur seperti manusia membantu dalam penanganan material, inspeksi, dan bahkan bentuk perakitan tertentu.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Figure 02 berguna di banyak sektor dan menjadi aspek standar yang dapat membantu meningkatkan produktivitas organisasi dengan mengurangi kemungkinan membuat kesalahan yang dapat menyebabkan cedera pekerja.

Kolaborasi dengan OpenAI: Revolusi Bantuan Rumah Tangga

Mungkin fitur Figure 02 yang paling menarik adalah kompatibilitasnya dengan OpenAI, perusahaan di balik model seperti ChatGPT.

Integrasi pemrosesan bahasa alami yang kompleks ke dalam robot inilah yang memberinya kemampuan untuk berinteraksi langsung dengan manusia.

Meski fitur ini terbukti membantu di lingkungan industri di mana komunikasi yang efektif menyelamatkan nyawa, fitur ini juga membuka pintu bagi robot dengan penampilan seperti manusia yang akan disambut di rumah-rumah di masa depan.

Robot ini memiliki enam kamera warna dan model bahasa visual yang memungkinkan robot mendeteksi lingkungan dan citranya. Ini berarti robot ini dapat bergerak melalui medan yang rumit dan di sekitar objek sambil tetap berfungsi sebagai robot yang alami dan normal yang dapat berinteraksi dengan manusia.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More