Konten AI di YouTube Harus Pakai Label! Simak Aturan Baru Google Ini

Jum'at, 22 Maret 2024 - 14:15 WIB
Google menyebut tidak mengharuskan kreator menyertakan label AI jika sekadar memakai AI generatif untuk membantu produktivitas, misalnya membuat naskah, mencari ide konten, atau membuat teks (caption) otomatis.

Label baru ini akan mulai aktif diberlakukan di YouTube dalam beberapa minggu ke depan, diawali dengan aplikasi YouTube di ponsel, serta tidak lama lagi di desktop dan TV.

“Kami ingin memberi komunitas YouTube waktu untuk menyesuaikan diri dengan proses dan fitur baru ini,” beber Google.

Dalam beberapa kasus, YouTube dapat menambahkan label meskipun kreator tidak menyertakannya. Terutama untuk konten hasil modifikasi atau sintetis yang berpotensi membingungkan atau menyesatkan orang.



Menerima Kehadiran AI Generatif di YouTube

Kreator adalah bagian vital dari YouTube dan akan terus memainkan peran yang sangat penting dalam membantu audiens memahami, menerima, dan beradaptasi dengan dunia AI generatif.

“Proses ini masih akan terus berkembang, dan kami di YouTube akan terus belajar untuk memperbaiki diri. Semoga transparansi yang lebih besar ini dapat membantu kita semua lebih mengapresiasi beragam manfaat AI untuk mendukung kreativitas manusia,”tulisGoogle.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More