Cara Praktis Menghapus Informasi Data Pribadi dari Internet

Jum'at, 02 Februari 2024 - 08:00 WIB
Informasi data pribadi seseorang seringkali disalahgunakan. (Foto: Sasun Bughdaryan)
JAKARTA - Ada banyak alasan informasi data pribadi dari internet tersebar. Namun, tak perlu khawatir, ada cara praktis menghapusnya.

Setiap kali mengklik sesuatu, semakin banyak informasi tentang diri kita sendiri yang masuk ke dalam basis data situs web, mesin pencari, dan sejenisnya secara otomatis. Melansir dari PC World, Jumat (2/2/2024), berikut cara praktis menghapus informasi data pribadi di internet.

Cara Menghapus Informasi Data Pribadi dari Internet

1. Manfaatkan fungsi keamanan dari situs web, perangkat keras, dan aplikasi



Ada beberapa langkah dasar untuk melindungi diri secara online. Mulailah dengan menonaktifkan cookies di situs web yang dikunjungi dan gunakan fitur 'Do Not Track' dari browser. Cara lainnya dengan menggunakan mode privat pada browser.

Waspada saat mengunduh aplikasi baru dengan memeriksa pengaturan privasi setiap aplikasi baru untuk mengontrol informasi apa yang dikumpulkan dan bagaimana dibagikan. Berhati-hatilah terutama dengan aplikasi permainan, karena seringkali cenderung mengumpulkan dan membagikan data.





2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan dari ponsel, tablet, dan komputer



Aplikasi di perangkat dan komputerseringkali lebih dari sekadar alat bantu kecil dalam kehidupan sehari-hari. Dalam banyak kasus, mereka mengumpulkan sejumlah besar data pengguna.

Sebelum menghapus aplikasi yang tidak terpakai, pertama-tama hapus data dari sistem penyedia. Caranya, cari informasi melalui pengaturan aplikasi pada perangkat dan bagaimana data dikumpulkan dan digunakan. Lalu, nonaktifkan semua opsi pengumpulan data.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More