Fenomena Aneh di Papua, Jam Ponsel Berubah Otomatis ke WIB

Jum'at, 29 Desember 2023 - 15:19 WIB
Di Papua, settingan jam di ponsel tiba-tiba berubah menjadi Waktu Indonesia Barat (WIB) tanpa diotak-atik. (Foto: @mindaart)
JAKARTA - Peristiwa tak biasa melanda wilayah Kampung Masabui, Papua. Di tempat itu, settingan jam di ponsel tiba-tiba berubah menjadi Waktu Indonesia Barat (WIB) tanpa diotak-atik. Padahal wilayah Papua masuk dalam Waktu Indonesia Timur (WIT).

Fenomena aneh itu diperlihatkan lewat sebuah video pendek yang diunggah oleh akun X @mindaart, Jumat (29/12/2023). Dalam video itu pemilik ponsel yang berada di dalam mobil menceritakan mengenai keanehan yang terjadi di jam ponselnya.

"Di sini ada fenomena zona waktu , zona waktu di daerah sini berubah ke Indonesia Barat," ujar pemilik ponsel.

"Sedangkan kita tahu kita berada di Papua, zona Waktu Indonesia Timur," sambungnya.





Perbedaan waktu antara Waktu Indonesia Barat dan Waktu Indonesia Timur adalah dua jam. Sesuai dengan cerita tersebut ternyata memang tiba-tiba saja ponsel yang dipegang oleh pemiliknya itu tiba-tiba berubah ke Waktu Indonesia Barat.

Jam yang semula 17.44 WIT langsung berubah jadi 15.44 WIB. Namun ketika pemilik ponsel menjauh dari lokasi tersebut jam yang ada di ponsel langsung kembali normal menunjukkan Waktu Indonesia Timur. "Ini zona waktu yang langka di Papua, mungkin juga di Indonesia," katanya.

Kejadian tersebut langsung ditanggapi beragam oleh warganet di X. Banyak komentar mengait-ngaitkan kondisi itu dengan cerita-cerita mistis.

Hanya saja ada beberapa pengguna yang justru memberikan pandangan logis. Menurut mereka hal itu terjadi karena keberadaan Base Transceiver Station (BTS) yang belum dikondisikan pengaturannya dengan baik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More