Inilah 13 Macam Kejahatan Siber Terbesar di Indonesia Sepanjang 2023

Kamis, 23 November 2023 - 19:54 WIB
Kejatahan siber terbesar di Indonesia sepanjang 2023 penting untuk dipahami. Foto: ist
JAKARTA - Kejahatan siber terbesar di Indonesia penting untuk dipahami. Tentu, supaya kita semua sebagai konsumen lebih sadar dan waspada. Pengamat Keamanan Siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan, kanal digital ibarat dua sisi mata pedang.

”Satu sisi akan memberikan kemudahan dan efisiensi. Tapi, di sisi lain akan mempermudah pelaku tindak kejahatan yang akan mengeksploitasi kelemahan dalam digitalisasi ini untuk keuntungannya,” bebernya.

Celakanya, Alfons menyebut, aksi kejahatan siber ini juga turut memanfaatkan keunggulan digitalisasi yang tidak dibatasi oleh tempat dan waktu.

”Sehingga tindak kejahatan siber dapat dilakukan dari belahan dunia manapun dan cukup sulit untuk dilacak atau dihentikan dan memperberat pekerjaan penegak hukum,” ungkapnya.

Kejahatan Siber Terbesar di Indonesia

Jelang akhir tahun 2023, Vaksincom merangkum tindak kejahatan siber berdasarkan hasil pelaporan yang dikirimkan korban kejahatan siber ke situs cekrekening.id.



Data yang dioleh adalah data dari 1 Januari 2023 sampai dengan minggu ke tiga November 2023 dan diharapkan dapat memberikan gambaran insiden kejahatan siber di Indonesia 2023.

Berikut adalah aktivitas yang paling sering dilaporkan dan menjadi sarana utama kejahatan siber:

1. Jual Beli Online (53.793 laporan), 45,87 persen

2. Kejahatan lainnya (12.765 laporan), 10,88 persen

3. Scamming (12.472 laporan), 10,63 persen
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More