14 Jenis Virus Berbahaya bagi Ponsel Android, Awas HP Anda!

Rabu, 16 Agustus 2023 - 21:41 WIB
Jenis-jenis virus yang berbahaya bagi HP Android penting untuk dipahami. Foto: ZDnet
JAKARTA - Jenis virus yang berbahaya bagi HP Android penting untuk dipahami. Sebab, jika kita mengenal bahayanya, maka bisa lebih berhati-hati.

Cara kerja umum virus yang berbahaya sebenarnya mirip-mirip. Virus dapat disebarkan melalui berbagai cara, termasuk melalui aplikasi palsu, tautan berbahaya, atau lampiran email palsu. Pengguna yang tidak waspada dapat mengunduh atau membuka virus tanpa sadar.

Setelah virus ada di perangkat, ia akan mencari celah keamanan untuk menginfeksi sistem. Ini bisa melibatkan memanfaatkan kerentanan perangkat atau menipu pengguna agar memberikan izin akses.

Lalu, dampaknya apa? Banyak sekali. Virus bisa mencuri informasi pribadi seperti kata sandi, data keuangan, informasi pribadi, dan lainnya.

Ini dapat mengarah pada pencurian identitas, penipuan, atau penggunaan yang tidak sah atas informasi Anda. Yang jelas, virus yang berbahaya dapat



merugikan keamanan dan privasi Anda.

Nah, berikut adalah beberapa contoh jenis virus yang dapat berbahaya bagi perangkat Android:

1. Trojan Horse

Virus ini menyamar sebagai aplikasi yang berguna, tetapi sebenarnya mengandung kode berbahaya yang dapat mencuri informasi pribadi atau merusak perangkat Anda.

2. Ransomware

Jenis virus ini mengenkripsi data Anda dan kemudian meminta tebusan agar data Anda dapat diakses kembali.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More