Beberapa Penyebab AC Kurang Dingin

Jum'at, 03 April 2015 - 22:35 WIB
Beberapa Penyebab AC...
Beberapa Penyebab AC Kurang Dingin
A A A
KADANG kesal bila kondisi kabin Air conditioning (AC) tidak dingin atau mati, apalagi dalam kondisi siang yang terik. Ditambah terjadi kemacetan. Tentunya akan tidak betah berlama-lama didalam mobil tanpa adanya pendingin.

Perlu diketahui ada beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Sebelum Anda memeriksakan ke bengkel sebaiknya membaca tulisan ini. Agar lebih memahami penyebab masalah dan tidak tertipu saat mobil dibawa ke bengkel.

Karet Belt putus

Bila karet belt yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC putus, dipastikan AC mobil tidak dingin. Kompresor AC berfungsi untuk memberikan tekanan tik bekerja, sehingga Freon didalam sistem tidak bisa bersirkulasi.

Masalah pada kompresor AC
Bila karet belt kompresor tidak putus tapi tidak terjadi sirkulasi freon didalam sistem AC maka penyebabnya kompresornya yang bermasalah. Permasalahan pada kompresor AC bermacam-macam seperti magnetic clutch rusak, kelebihan oli pelumas, dan lainya. Untuk permasalah ini sebaiknya anda bawa ke bengkel AC terdekat.

Freon Habis atau berkurang

Fungsi freon pada sistem AC untuk menyerap panas dan membuangnya melalui kondensor. Berkurangnya freon ini bisa disebabkan karena kebocoran didalam sistem. Periksalah pipa pipa yang digunakan untuk jalur Freon baik yang menuju kompresor atau ke komponen lain.

Kondensor Kotor
Bentuknya mirip dengan radiator yang memiliki sirip-sirip pendingin. berfungsi menyerap panas dan membuangnya ke udara. Jika kondensor AC kotor, panas didalam kabin mobil tidak diserap secara optimal akibatnya AC mobil terasa tidak dingin.

Kipas blower AC mati atau putaranya lemah
Fungsi blower untuk menghembuskan udara dingin ke kabin mobil. Jika blower Ac putaranya lemah atau bahkan mati maka udara dingin tidak dihembuskan secara optimal yang menyebabkan AC mobil terasa tidak dingin.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)