Ini Cara Print Bolak-Balik secara Otomatis dan Manual

Sabtu, 05 Desember 2020 - 17:00 WIB
loading...
Ini Cara Print Bolak-Balik secara Otomatis dan Manual
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah menerapkan SHC (Suzuki Hygiene Commitment) atau Komitmen Higienis Suzuki secara ketat. Memasuki bulan ketiga penerapan SHC. FOTO/ SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mencetak dokumen atau print dari file Word atau PDF bisa dilakukan menggunakan printer. Tetapi terkadang pengguna ingin melakuan print di dua sisi atau bolak-balik. BACA JUGA - Berdenyut 26 Detik Sekali, Ahli Sebut Bumi dalam Keadaan Genting

Nah, untuk melakukan print bolak-balik ada dua cara yang bisa dilakukan. Agar lebih mudah, pengguna harus memiliki printer yang memang mempuni untuk melakukannya atau disebut duplex printing. BACA JUGA - Air Laut Terus Naik, NASA Teliti Gejala Tak Biasa Bumi dari Angkasa

Tetapi tenang saja, jika tidak memiliki printer otomatis seperti itu, cara manual juga bisa dilakukan dengan hasil yang sama bagusnya. Berikit ini kedua cara tersebut.

Otomatis

Bagi pemilik duplex printing, caranya sangat mudah. Setelah membuka dokumen yang ingin dicetak, kemudian klik File > Print, atau bisa juga menekan tombol CTRL + P.

Setelah jendela printing muncul, pilih opsi Setting > Pages > Print on Both Sides. Setelah itu, tinggal tekan opsi Print untuk mencetak dokumen yang diinginkan secara bolak-balik.

Manual

Kemudian bagi yang tidak memiliki duplex printing, bisa melakukan langkah-langkah manual. Cara di awal sama, buka dokumen yang ingin dicetak, kemudian pilih File > Print, atau bisa juga menekan tombol CTRL + P.

Setelah jendela printing muncul, pilih opsi Setting > Pages > Manually Print on Both Sides. Setelah itu, tinggal tekan opsi Print untuk mencetak dokumen.

Perbedaannya, ketika selesai mencetak sisi pertama , printer akan memberi pemberitahuan agar pengguna mengembalikan kertas ke tray dengan halaman yang sudah dibalik.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8966 seconds (0.1#10.140)