MacBook Terbaru Apple 'Hanya' Satu Port

Jum'at, 13 Maret 2015 - 14:52 WIB
MacBook Terbaru Apple Hanya Satu Port
MacBook Terbaru Apple 'Hanya' Satu Port
A A A
CUPERTINO - Perusahaan multinasional Apple Inc, baru-baru ini mengungkapkan MacBook terbarunya. Salah satu perbedaan dengan pendahulunya adalah hanya memiliki satu port saja, selain jack headphone.

Dilansir dari Nextpowerup, Jumat (13/3/2015), satu port di MacBook baru ini adalah konektor USB Type-C reversibel baru. Port tersebut bisa digunakan untuk mengisi daya laptop.

Alih-alih menyebutnya USB Type-C, Apple mengacu ke port USB-C. Port yang reversibel dan dapat digunakan untuk beberapa hal atau memiliki multifungsi. Tapi port tidak bisa digunakan untuk Thunderbolt 2, USB 3.0, dan MagSafe.

Pengguna dapat berbagi dokumen atau foto melalui WiFi dan Bluetooth, menggunakan iCloud dan AirDrop. Untuk HDMI, VGA, dan Mini DisplayPort juga dihadirkan dengan menampilkan pemutaran video ke layar eksternal, serta mentransfer data pada USB 3.

Seperti kebanyakan pengguna lainnya, menggunakan dongle (sebuah perangkat keras kecil terhubung ke komputer untuk mengotentikasi sebuah software). Jika ingin melakukan sesuatu sederhana, seperti saat menggunakan hard drive eksternal saat bermain video.

Dengan adanya port USB-C, akan memberikan beberapa manfaat untuk penggunanya. Standar USB baru ini, sepertiga lebih kecil dari USB dan hanya sedikit lebih besar daripada micro USB.

Konektor terbaru ini, memungkinkan Apple menjadi lebih tipis. MacBook baru garapan Apple ini memiliki desain alumunium, ukuran layar 12 inci resolusi 2.305 x 1.400 retina display, memiliki tebal hanya 13,1 mm, dan sama sekali tanpa kipas.

Apple MacBook baru ini hadir dengan warna di perak, abu-abu, dan emas. Untuk harga dibanderol USD1.299 atau sekitar Rp17,2 juta dan akan tersedia pada 10 April 2015.

(Baca: MacBook 12 Inci Retina Display Lebih Tipis)
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7441 seconds (0.1#10.140)