Perangkat Tambahan Motret Gaya Nirkabel

Rabu, 25 Februari 2015 - 07:43 WIB
Perangkat Tambahan Motret Gaya Nirkabel
Perangkat Tambahan Motret Gaya Nirkabel
A A A
JAKARTA - Kamera pada smartphone akhir-akhir ini memiliki kualitas yang sudah sangat baik. Tapi dari eksperimen dengan menggunakan perangkat lain untuk memotret, hasilnya dapat langsung tersinergi dan terkontrol lewat ponsel.

Cara ini membuat kegiatan memotret jadi lebih mudah, lebih baik. Perangkat tambahan itu akan menghasilkan foto yang bagus. Sementara proses memotret maupun hasil fotonya dapat dikontrol langsung lewat smartphone.

Konsep seperti ini sedang digemari. Lihat saja Olympus, yang Maret 2015 mendatang akan merilis Air. Air ini bentuknya tak berbeda dengan lensa kamera biasa.

”Lensa” tersebut bisa dipasang di kamera mirrorless keluaran Olympus. Menariknya, Air juga sudah dibekali mounting untuk smartphone dan koneksi WiFi atau Bluetooth agar perangkat tersebut dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan ponsel.

Saat ini pihak Olympus tengah menyiapkan beberapa aplikasi smartphone, yang memudahkan pengguna memotret menggunakan lensa 16 MP dengan sensor kamera Micro Four Thirds tersebut. Ada aplikasi untuk mengatur diafragma, fokus, atau penyetingan lainnya. Ada pula aplikasi yang bisa memakai berbagai filter seperti Instagram.

Pengguna seperti mengubah smartphone mereka menjadi kamera mirrorless/DSLR. Bagi pecinta fotografi, rasanya tidak perlu menunggu Oympus Air tiba di Indonesia. Karena pengguna kini dapat mengutilisasi smartphone mereka untuk bisa memotret menggunakan perangkat tambahan lain dan mendapatkan hasil atau kualitas foto terbaik.

Sony QX10

Lensa tambahan keluaran Sony ini sudah tersedia di Indonesia sejak tahun lalu. Spesifikasinya, antara lain resolusi 18,2MP, 10x optical zoom, video HD, dan sensor CMOS. Bentuknya pun ringkas dan ringan.

Begitu ada obyek foto, cukup keluarkan Sony QX10 dari kantong, pasangkan ke smartphone, nyalakan WiFi, dan silahkan mendapatkan sensasi memotret ala DSLR. Hasil fotonya dapat langsung ditransfer ke smartphone. Sehingga bisa langsung diedit di aplikasi seperti SnapSeed dan di-share ke sosial media saat itu juga. Harga Sony QX10 adalah Rp2.375.000.

Kamera Mirrorless

Jika pun Anda tidak bisa lepas dari kamera mirrorless seperti Samsung NX20 yang seharga Rp9.500.000 itu, masih ada cara mengutilisasi smartphone untuk bisa bersinergi dengan kamera tersebut. Caranya melalui fitur yang disebut Remote Viewfinder. Caranya mudah.

Pertama, unduh aplikasi Remote Viewfinder di Google Play. Kedua, buka aplikasi lalu hubungkan ponsel dan kamera lewat jaringan WiFi. Setelah kedua perangkat tersebut sudah terhubung, maka layar smartphone kini menjadi viewfinder. Pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk memotret, mengatur timer, serta mengunduh hasil foto langsung ke smartphone. Praktis.

Action Camera

Melalui koneksi aplikasi GoPro dan koneksi WiFi, kamera seperti GoPro Hero 4 yang memiliki layar sangat kecil itu dapat langsung terhubung ke smartphone. Fungsinya sama, layar di smartphone dapat berfungsi sebagai viewfinder. Setelah memotret, foto maupun video bisa langsung diunduh ke ponsel dalam hitungan detik. Ketika kontrol ada di smartphone, kamera seperti GoPro ini seolah menjadi kepanjangan tangan atau perangkat pelengkap untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8688 seconds (0.1#10.140)