Awas, Genangan Banjir Bisa Ganggu Fungsi Rem

Rabu, 11 Februari 2015 - 18:28 WIB
Awas, Genangan Banjir Bisa Ganggu Fungsi Rem
Awas, Genangan Banjir Bisa Ganggu Fungsi Rem
A A A
DIMANA-mana banjir, ya wajar intensitas hujan belakangan ini cukup tinggi. Ditambah lagi riol atau gorong-gorong tidak berfungsi maksimal, masalah yang tak bisa di hindari adalah banjir.

Hati-hati untuk pengendara, baik mobil atau sepeda motor. Genangan air bisa mengakibatkan terganggunya fungsi rem. Yang perlu diperhatikan kondisi rem setelah melewati genangan banjir.

Bila kendaraan menggunakan rem tromol harus hati-hati. Biasanya fungsi rem akan semakin responsif alias pakem. Karena kampas rem setelah kena air akan mengembang. Menekan rem sedikit saja kendaraan akan mendadak berhenti. Tidak biasa saat kondisi normal.

Tak jarang pengendara akan terkejut, karena di tekan sedikit akan berhenti mendadak. Ini bisa membahayakan pengendara lainnya. Jaga jarak dengan mobil di depan dan belakang dan jangan berkendara terlalu kencang.

Untuk mengantisipasinya, pelajari tekanan rem setelah melintasi genangan air. Anda bisa memperkirakan tekanan yang dibutuhkan.

Bila kendaraan Anda menggunkan rem cakram (piringan) atau menggunakan kaliper, periksa kondisi rem setelah melintasi genangan banjir. Biasanya kotoran sering menempel pada piringan rem. Akibatnya mengurangi kerja rem karena ada halangan – air, pasir atau partikel lain – antara kampas rem dengan piringan.

Akibatnya rem tidak berfungsi dengan baik bahkan bisa blong. Jadi jangan langsung percaya pada kerja rem usai melewati genangan. Langkah antisipasi kondisi tersebut hampir sama. Yaitu mengaktifkan rem secara periodik dengan memberikan tekanan ringan pada rem. Lakukan beberapa kali sampai rem dirasa sudah berfungsi normal. Sebelum melakukan hal tersebut pastikan jarak dengan mobil depan dan belakang tidak terlalu rapat.

Selain itu sampah akibat banjir juga menjadi masalah kerusakan rem. Biasanya usai melintas genangan adalah adanya sampah berupa plastik, kertas, atau tali yang melilit atau tersangkut di sistem rem.

Rem akan mengalami kerusakan bila terus dibiarkan berlama-lama. Yang harus dilakukan sebaiknya setelah melintasi genangan atau banjir (merendam setengah pelek), lakukan pengecekan dengan melihat kondisi rem dari sela-sela pelek. Periksalah kondisi rem setelah melewati genangan air.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8956 seconds (0.1#10.140)
pixels