Waspada, Pencurian Sidik Jari Bisa Lewat Kamera

Selasa, 30 Desember 2014 - 11:39 WIB
Waspada, Pencurian Sidik Jari Bisa Lewat Kamera
Waspada, Pencurian Sidik Jari Bisa Lewat Kamera
A A A
BERLIN - Salah satu hacker mengatakan, ia telah mengembangkan cara menyalin sidik jari menggunakan kamera digital biasa.

Dilansir dari Cnet, Selasa (30/12/2014), anggota hacker tertua di Eropa, Chaos Computer Club, Jan Krissler. Ia melakukan demonstrasi dan mengklaim, memiliki salinan digital sidik jari Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen. Sidik jari diambil menggunakan software yang tersedia secara komersial disebut VeriFinger.

Krissler menjelaskan, dirinya memiliki kamera dengan resolusi tinggi, mengambil foto jari von der Leyen, dalam sebuah presentasi dengan jarak sembilan meter. Dia mengklaim sidik jari von der Leyen itu adalah akurat.

"Saya telah mencoba dengan jari saya sendiri dalam kondisi yang sama (kamera yang sama, jarak yang sama)," katanya dalam sebuah pernyataan kepada Cnet. Sayang, pihak Von der Leyen menolak berkomentar.

Ungkapan Krissler berpotensi menimbulkan pertanyaan seberapa efektif keamanan dengan scanner sidik jari. Seperti diketahui, teknologi ini digunakan Apple sejak 1990-an, yang disebut Touch ID pada iPhone 5S. Langkah tersebut juga diikuti oleh Samsung dan HTC pada smartphone mereka.

Selain itu, beberapa hacker menunjukkan kerentanan memalsukan sidik jari, tidak lama setelah peluncuran Sentuh ID.

Ini bukan kali pertama Krissler berhubungan dengan sidik jari. Dia adalah yang pertama menunjukkan bagaimana sidik jari palsu dengan lem kayu dapat menipu iPhone 5S.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5003 seconds (0.1#10.140)