Merawat Ban Mobil Hindari Kecelakaan

Sabtu, 08 November 2014 - 19:09 WIB
Merawat Ban Mobil Hindari Kecelakaan
Merawat Ban Mobil Hindari Kecelakaan
A A A
JAKARTA - Ini hal sepele dan jarang diperhatikan oleh sebagian pemilik mobil. Padahal hal ini sangat menyangkut keselamatan dalam berkendara. Merawat ban suatu keharusan bagi pemiliknya karena ban merupakan komponen utama dan sangat berpengaruh dalam berkendara.

Memang ban mobil memiliki waktu kadaluarsa, hal ini tidak perlu dikhawatirkan apabila Anda mampu merawatnya dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa membuat ban Anda bisa awet dan aman saat digunakan.

Sebagai informasi, ban yang kondisinya sudah uzur dan tidak layak akan berakibat fatal kepada mobil anda seperti kecelakaan yang dapat membahayakan jiwa pengendara.

Selalu periksa tekanan udara ban mobil

Tekanan udara sangat berpengaruh terhadap lama penggunaan ban. Tekanan ban yang terlalu kecil akan membuat ban cepat rusak, sebaliknya bila tekanan ban mobil terlalu keras membuat ban mudah robek dan membayakan keselamatan pengendara. Karena jika terkena gesekan panas terlalu sering ban mobil bisa saja meledak. Tekanan ban mobil harus sesuai dengan kondisi perjalanan agar tetap nyaman.

Rutin spooring dan balancing
Cara ini untuk menjaga kestabilan ban mobil. Mobil yang sering digunakan akan cepat berubah posisi menjadi kurang stabil. Maka setiap pemakain 5000Km disarankan melakukan spooring dan balancing untuk menjaga kestabilan.

Menerapkan cara berkendara yang baik dan benar

Perilaku berkendara yang baik dan benar dapat menjaga keawetan ban mobil. Misalnya tidak mengubah kecepatan secara drastis, tidak melakukan pengereman secara mendadak, dan mengeluarkan barang-barang didalam mobil yang tidak penting agar beban yang ada pada mobil senantiasa terjaga.

Cara ini bisa Anda terapkan sehingga ban mobil tetap nyaman digunakan dan tidak mudah rusak. (*dari pengalaman dan berbagai sumber)
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1537 seconds (0.1#10.140)