Perlu Diketahui Seputar 4G

Rabu, 05 November 2014 - 10:53 WIB
Perlu Diketahui Seputar 4G
Perlu Diketahui Seputar 4G
A A A
CALIFORNIA - Jaringan telepon mengakses internet semakin berkembang, dari kecepatan 3G kini sudah menjadi 4G.

Dikutip dari Which, Rabu (5/11/2014), 4G merupakan tingkatan kecepatan internet yang lebih cepat dan tanpa perubahan kualitas saat melakukan membuat panggilan atau mengirim teks.

Dengan 4G, ponsel Anda dapat membuka laman web secara instan, men-download aplikasi dan lagu dalam hitungan detik, dan streaming video tanpa buffer mengganggu.

Meskipun begitu, untuk mengakses jaringan 4G, diperlukan ponsel 4G.

Kecepatan 4G

Regulator telekomunikasi Ofcom memperkirakan, bahwa kecepatan download 4G sekitar lima sampai tujuh kali lipat dari jaringan 3G. Pengalaman browsing dengan 4G akan lebih menyenangkan karena tanpa hambatan dan berlangsung secara cepat.

Pengguna yang menggunakan jaringan ini, kecepatan perolehan datanya akan dipengaruhi oleh kekuatan sinyal dimana Anda berada, berapa banyak orang di sekitar dan posisi Anda saat itu berada di dalam atau luar ruangaan.

Semua faktor itu tetap akan mempengaruhi kecepatan jaringan 4G.

Sebagai informasi, dengan cakupan OpenSignal, Vodafone memiliki kecepatan rata-rata 4G tercepat (diukur antara Juli dan Oktober 2014). Pengguna mencatat kecepatan download rata-rata 13.2Mbps, dibandingkan dengan koneksi broadband ADSL rumah rata-rata 7.4Mbps.

Seberapa Diperlukan 4G?

Untuk memutuskan diperlukan tidaknya seseorang menggunakan jaringan 4G, akan tergantung pada bagaimana cara dan frekuensi menggunakan ponsel.

Satu hal yang pasti, apakah jaringan ini sudah tersedia di wilayah dimana Anda berkomunikasi.

Buat Anda yang menggunakan internet hanya sewaktu-waktu untuk membuka Facebook, membaca email atau melihat jadwal kereta, maka Anda belum terlalu memerlukan jaringan 4G ini.

Tapi, jika Anda secara teratur streaming atau download konten, maka Anda akan benar-benar mendapatkan keuntungan dari kecepatan 4G yang lebih cepat.

Namun untuk menggunakan dalam frekuensi dan intensitas yang sering maka akan memakan baya, untuk itu disarankan menghindari menonton konten video, kecuali jika memiliki paket data yang besar atau tidak terbatas.

Cara Mendapatkan 4G

Untuk mendapatkan 4G Anda harus memiliki telepon 4G yang kompatibel, tarif 4G dan tinggal di daerah dengan sinyal 4G. Ketika berada di luar daerah ini, maka akan kembali ke kecepatan lebih lambat, 3G.

Sangat penting untuk memeriksa apakah provider Anda terdaftar dengan cakupan tempat di mana Anda akan menggunakan telepon.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0246 seconds (0.1#10.140)