Toshiba Dapat Pesanan Sistem Radar Cuaca di India

Senin, 03 November 2014 - 19:51 WIB
Toshiba Dapat Pesanan Sistem Radar Cuaca di India
Toshiba Dapat Pesanan Sistem Radar Cuaca di India
A A A
TOKYO - Toshiba Corporation mengumumkan, kolaborasi dengan Electronic Corporation of India Limited (ECIL), telah mendapatkan pesanan untuk memasok sistem radar cuaca doppler berteknologi pengutuban ganda X-Band yang mudah dipindah untuk Badan Meteorologi India.

Berdasarkan rilis yang diterima Sindonews, Senin (3/11/2014), radar ini merupakan radar cuaca pertama yang akan dipasok keluar Jepang oleh Toshiba.
Pasalnya, radar ini akan dipasang di Srinagar, Jammu dan Kashmir, India pada Januari 2015.

Bencana banjir lokal yang diakibatkan curah hujan yang deras dan berkepanjangan menjadi masalah signifikan di dunia ini, terutama di India dan negara-negara ASEAN.

Radar cuaca melacak pergerakan awan dan dapat mencari lokasi yang tepat potensi ancaman dengan real time. Memungkinkan pihak berwenang menyampaikan peringatan dan mempersiapkan evakuasi penyelamatan sesegera mungkin.

Toshiba telah berkolaborasi dengan ECIL untuk pemanfaatan radar-radar cuaca ini sejak Agustus 2012. Pesanan kali ini akan menghasilkan evaluasi positif atas proposal kerja sama antara Toshiba dan ECIL.

Toshiba sudah pernah memasok radar sejenis untuk Kementerian Pertanahan, Prasarana, Transportasi dan Pariwisata Jepang, serta untuk universitas-universitas serta lembaga-lembaga penelitian.

Sistem radar cuaca ini akan dipasok ke Badan Metereologi India mempunyai kemampuan mencapai jarak 80 km. Selain itu, memiliki gelombang jarak pendek yang mampu menghasilkan pencitraan resolusi tinggi atas curah hujan dan kecepatan angin.

Ukurannya hanya 25% dari yang ada dan hanya mengkonsumsi 10% tenaga listrik dibandingkan radar berbasis tabung elektronik.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7965 seconds (0.1#10.140)