Indosat Gandeng Google Lahirkan Google Public Alert

Rabu, 22 Oktober 2014 - 12:15 WIB
Indosat Gandeng Google Lahirkan Google Public Alert
Indosat Gandeng Google Lahirkan Google Public Alert
A A A
JAKARTA - Indosat menjalin kerja sama dengan Google, menghadirkan layanan Google Public Alert (layanan peringatan bencana alam) bagi pelanggan ponsel di Indonesia.

Layanan ini hadir untuk pertama kali di tanah Air. Menyediakan peringatan dini tsunami dan gempa bumi, yang dapat diakses melalui UMB dan SMS dengan fitur di ponsel pintar.

Peringatan dini bencana alam dapat diakses melalui halaman Google Public Alerts, dan platform layanan Google lainnya seperti Google Search, Google Maps dan Google Now.

Informasi bencana yang disediakan Google bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pelanggan dapat memperoleh update informasi bencana alam dengan mengakses *123*77# dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Setelah mengakses *123*77# lalu tekan OK/Yes dan pilih menu “info bencana disekitar”. Jika terdapat peringatan bencana, peringatan tersebut akan dikirim langsung ke perangkat seluler pelanggan.

Layanan ini telah tersedia dan dapat dinikmati oleh pelanggan prabayar dan paskabayar Indosat sejak 22 September 2014.

Kerja sama dengan Google, diklaim Indosat sebagai operator seluler pertama di Indonesia.

“Kami bangga menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang dapat bekerja sama dengan Google, mempersembahkan layanan informasi bencana melalui akses UMB dan SMS," ujar Chief Strategy & Planning Officer Indosat Prashant Gokarn, dalam keterangan tertuis kepada Sindonews, Rabu (22/10/2014).

Dia berharap, layanan itu dapat membantu masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah rawan bencana. Sehingga dapat memperoleh informasi dini dan melakukan antisipasi.

Di sisi lain, pejabat layanan Google Crisis Response Meryl Stone mengatakan, sangat senang menghadirkan layanan Google Public Alert yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas di Indonesia.

"Melalui kesempatan ini, kami juga menyampaikan terima kasih kepada BMKG yang memberikan data paling aktual. Sehingga memungkinkan kami menyediakan informasi peringatan dini dan life-saving kepada masyarakat,” pungkasnya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6632 seconds (0.1#10.140)