Tips Perbaiki Keyboard Sendiri

Senin, 22 September 2014 - 13:23 WIB
Tips Perbaiki Keyboard Sendiri
Tips Perbaiki Keyboard Sendiri
A A A
CALIFORNIA - Biasanya keyboard rusak membuat pengguna harus ke toko service komputer, tapi kini ada langkah-langkah untuk memperbaikinya sendiri.

Seperti dikutip dari Digitaltrends, Senin (22/9/2014), berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:
Pertama, Anda perlu mencari tahu apa yang salah. Apakah keyboard Anda masih dinyalakan? Berapa banyak tombol masih berfungsi? Jika hanya beberapa tombol berfungsi dan yang lainnya tidak, masalah ini bisa menjadi mekanik.

Tekan Caps Lock untuk melihat apakah lampu indikator menyala atau mati. Jika lampu yang terkait dengan setiap tombol tidak hidup ketika ditekan, hal pertama yang harus dilakukan adalah me-restart komputer. Jika reboot komputer tidak memecahkan masalah, ada beberapa trik lain yang dapat dicoba.

Teknik

Jika satu atau lebih kunci tidak bekerja, periksa apakah ada sesuatu yang mengganjal di bawah. Menghidupkan keyboard laptop atau desktop dengan terbalik, dapat membuang beberapa kotoran yang mungkin mengganjal di bawah tombol, sehingga membuatnya tidak bekerja.

Jika tombol masih belum berfungsi, beli sekaleng kompresor untuk mengeluarkan kotoran yang mengganjal. Jangan pernah meremehkan kotoran-kotoran kecil yang tersemat di bawah keyboard.

Software

Jika masalah keyboard terletak pada perangkat lunak, masalah mungkin terletak pada OS atau driver keyboard. Jika driver yang rusak, sudah harus diperbarui atau hanya hilang, keyboard dapat berhenti bekerja.

Pada laptop Windows, Device Manager Control Panel dapat membantu mengidentifikasi masalah. Jika melihat segitiga kuning atau lingkaran merah di atas entri pada keyboard di Device Manager, artinya keyboard rusak atau tidak bekerja untuk beberapa alasan.

Klik kanan perangkat yang ada tanda tersebut, dan klik Update Software Driver. Windows akan memeriksa driver baru, dan jika menemukannya, proses instalasi akan dimulai. Atau, dapat menggunakan Windows Update untuk memeriksa driver keyboard yang baru.

Langkah-langkah di atas dapat dicoba sesuai dengan kerusakan keyboard. Namun jika memang belum dapat berfungsi, sebelum memutuskan mengganti perangkat, hendaknya diperiksa terlebih dahulu ke toko service komputer.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7821 seconds (0.1#10.140)