Hacker Gunakan Antivirus Google Sebelum Luncurkan Serangan

Rabu, 03 September 2014 - 08:50 WIB
Hacker Gunakan Antivirus Google Sebelum Luncurkan Serangan
Hacker Gunakan Antivirus Google Sebelum Luncurkan Serangan
A A A
NEW YORK - Situs VirusTotal Google bisa berguna buat yang khawatir dengan malware ketika upload file dan puluhan alat antivirus akan segera memeriksa apakah itu berbahaya. Namun, sekarang jelas bahwa situs ini justru dapat membahayakan, karena digunakan oleh peretas (hacker) untuk menguji serangannya.

Dilansir dari Engadget, Rabu (3/9/2014), Penelitian Keamanan, Brandon Dixon melihat, beberapa tim hacker besar menggunakan VirusTotal untuk menguji serangan sebelum peluncuran.

Secara efektif mereka memperlakukannya seperti alat debugging, jika satu atau lebih scanner mendeteksi virus pra-rilis, para pengembang mengubah kode mereka sampai tergelincir di bawah radar. Dalam beberapa kasus, para hacker bahkan menempatkan malware tua melalui situs untuk membuatnya lebih berbahaya.

Beberapa kelompok malware lebih pintar dan dapat menymbunyikan jejak mereka, dan penemuan Dixon mungkin yang kurang pintar menutupi kegiatan mereka.

Meskipun begitu, dari penelitian ini diharapkan dapat membantu Google dan produsen perangkat lunak keamanan menangkap penyalahgunaan pengujian layanan. Cara mereka adalah dengan membuat lebih mudah untuk menemukan perilaku yang mencurigakan. Para hacker ini bahkan bisa mencegah serangan dengan melacak kode dan membangun pengamanan yang memadai.

Melihat kondisi ini, memang semakin rawan dalam menympan data-data Anda, untuk itu berhati-hatilah terhadap file dan situs web yang meminta untuk dilihat, bahkan jika aplikasi antivirus.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1182 seconds (0.1#10.140)