UMR China naik, pemasok komponen notebook merugi

Rabu, 14 Mei 2014 - 15:55 WIB
UMR China naik, pemasok komponen notebook merugi
UMR China naik, pemasok komponen notebook merugi
A A A
Sindonews.com - Beberapa provinsi dan kota di China menaikkan upah minimum mereka dan bahkan berencana kembali menaikkan pada Juli mendatang. Dilansir Digitimes, Rabu (14/5/2014) hal ini tampaknya akan berpengaruh pada margin kotor pemasok komponen notebook di kuartal ketiga.

Sejak awal 2014, sembilan provinsi dan kota-kota China termasuk Chongqing, bagian dari rantai pasokan notebook berada, mengalami peningkatan upah minimum rata-rata 13 persen pada Juli mendatang. Sedangkan untuk provinsi Jiangsu kabarnya akan mengalami peningkatan sekitar 14 persen.

Untuk mengurangi tekanan, pemain telah menyesuaikan efisiensi produksi mereka, membangun jalur produksi otomatis dan mengembangkan bisnis baru. Sayang, semua ini belum bisa membuat banyak perbaikan.

Produk baru seperti notebook layar sentuh dan perangkat 2in1 juga tidak menguntungkan pemasok. Hal ini disebabkan karena banyak dari mereka mengalami penurunan jumlah permintaan.

Notebook layar sentuh hanya menyumbang sekitar 10 persen dari total pengiriman notebook pada kuartal pertama. Persentase tersebut diperkirakan akan tumbuh menjadi 15 persen pada semester kedua. Sedangkan perangkat 2in1 mengambil bagian hanya sekitar 5-6 persen.

Saat ini, notebook ODMs memproduksi notebook di pabrik di Chongqing dan Chengdu, China Barat, sedangkan di daerah pesisir China digunakan untuk manufaktur produk-produk seperti tablet, smartphone dan server.

Adapun untuk jalur produksi otomatis, ODMs saat ini memiliki kesulitan lebih tinggi untuk menerapkan fasilitas tersebut karena sebagian besar pekerjaan mereka masih berfokus pada pekerja manual. Produsen baterai Simplo Technology sudah mengurangi personelnya sebesar 40 persen pada 2013 karena penggunaan produksi otomatis dan pada 2014 diharapkan akan terjadi PHK sekitar 30 persen.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0859 seconds (0.1#10.140)