Penjualan komputer di Semarang jeblok

Kamis, 01 Mei 2014 - 18:33 WIB
Penjualan komputer di Semarang jeblok
Penjualan komputer di Semarang jeblok
A A A
Sindonews.com - Penjualan produk IT seperti komputer, laptop dan gadget sepanjang bulan April anjlok. Penurunan penjualan mencapai 65 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jateng, Edy Joko Kiswanto mengatakan, penurunan penjualan tersebut tidak lepas dari momentum Pemilu pada bulan April 2014.

“Banyak konsumen yang cenderung 'wait and see' untuk melakukan pembelian komputer dan gadget. Mereka cenderung menunda pembelian lantaran kekhawatiran akan kenaikan harga yang terjadi sebagai gejolak dari berlangsungnya pesta demokrasi,” kata Edy disela-sela pembukaan pameran komputer 'Semarang Komputer Great Sale', yang digelar di Atrium Java Mall Semarang, Kamis (1/5/2014).

Dia mengatakan, beberapa vendor komputer dan tablet/smartphone mengalami adanya penurunan penjualan yang cukup drastis. Dan bulan April ini merupakan penjualan terendah sepanjang kuartal I/2014.

Selain momentum Pemilu, lesunya penjualan IT ini diprediksi karena segmen potensial, yakni mahasiswa dan pelajar tengah terkonsentrasi pada ujian, yang bakal membutuhkan dana tak sedikit. Kondisi tersebut bahkan telah menjadi tren tahunan, dimana penjualan IT biasa melemah di bulan April.

”Selain karena pemilu memang biasanya pada bulan April terjadi terjadi penurunan, tetapi memang penurunan kali ini sangat dirasakan oleh para vendor,” jelasnya.

Untuk mengembalikan gairah penjualan produk IT, Kata Edy, salah satunya dilakukan melalui pameran, bertajuk 'Semarang Komputer Great Sale' yang menawarkan banyak program hadiah dan potongan harga yang menarik.

Pameran akan dilakukan mulai 1 -5 Mei 2014. Dari pameran tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan IT, setidaknya naik sampai 40 persen.

Kabid Pameran Apkomindo Jateng, AM Ishak menambahkan, dalam pameran Apkomindo kali ini diikuti 60 peserta, dengan 9 peserta VIP dari vendor-vendor IT ternama. Dalam pameran yang berlangsung selama 5 hari ini, masing-masing stand menawarkan hadiah langsung dan undian.

“Dalam program Semarang Great Sale, para konsumen yang bertransaksi selama pameran akan berkesempatan memperoleh hadiah mobil,” ucapnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3896 seconds (0.1#10.140)