Cara aman menggunakan Facebook

Selasa, 29 April 2014 - 22:33 WIB
Cara aman menggunakan Facebook
Cara aman menggunakan Facebook
A A A
MEDIA sosial adalah platform terbaik untuk dapat terhubung dengan teman dan keluarga. Pada saat yang sama, penting bagi Anda mengerti bagaimana melindungi diri saat berada di dunia maya.

Berikut tips dan trik dari Facebook yang Anda lakukan saat online:

1. Jangan memberi tahu password kepada siapapun


Penting untuk dimengerti bahwa hanya Anda satu-satunya yang mengatur akun Facebook. Jangan pernah memberi tahu password kepada orang lain. Jika kamu lupa password dan tidak dapat log-in ke akun Facebook, Anda bisa meminta tolong teman-teman dekatmu untuk membantu masuk ke akun Facebook. Terutama jika Anda juga tidak bisa log-in ke dalam email. Caranya dengan menambahkan teman-teman ke dalam daftar Trusted Contacts.

Cara menambahkan Trusted Contacts:

-> Masuk ke Account Setting dengan mengklik
Facebook 1

-> Pilih Security Setting

Facebook 1

-> Klik Edit pada Trusted Contacts untuk memilih temanmu

Facebook 1

-> Klik Choose Trusted Contacts

Facebook 1

-> Pilih 3-5 temanmu dan konfirmasikan pilihanmu. Ingat, pilih teman yang bisa Anda hubungi dengan mudah saat mendapatkan kesulitan log-in. Anda bisa memperbarui daftar Trusted Cobtacts kapan saja.

2. Jangan posting apapun yang tidak layak dilihat banyak orang

Sebelum nge-post di timeline, Anda harus ingat siapa yang dapat melihat. Anda dapat mengatur siapa-siapa saja yang dapat melihat post. Apakah itu status, foto, video atau hal-hal lain. Dapat Anda lakukan adalah klilk Audience selector dan pilih grup yang tepat sebagai pemirsa, sesuai keinginan. Anda juga bisa mengatur audiens dengan memilih Custom.

Facebook 1

Audience selector juga muncul di post-post lama. Jadi Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat semua post dengan mudah.

3. Blok atau laporkan SPAM

Setiap orang berhak dihargai. Tetapi akan ada saat-saat di mana kamu akan mendapatkan pesan-pesan kurang pantas di inbox atau komentar-komentar kurang baik di timeline Facebook, yang berasal dari teman atau bahkan orang asing. Ketahuilah bahwa Anda punya pilihan untuk merespon. Tergantung seberapa serius pesan-pesan atau komentar tersebut, Anda bisa mengabaikan, unfriend, blok atau bahkan melaporkan mereka ke Facebook untuk diberi peringatan.

Facebook 1

4. Hanya terima permintaan berteman dari teman terdekat Anda

Jika Anda menerima permintaan berteman dari seseorang yang tidak dikenal atau jika Anda ragu apakah profil orang tersebut asli, jangan terima permintaan tersebut.

Anda bisa membantu membuat Facebook menjadi platform media sosial yang aman dengan cara melaporkan profil atau akun palsu yang kamu temukan di Facebook. Ikuti cara-cara mudah berikut untuk membuat laporan:

-> Kunjungi timeline orang tersebut

Facebook 1

-> KlikFacebook 1 dan pilih Report/Block

Facebook 1

-> Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk melaporkannya ke Facebook

Facebook 1

Jika Anda melihat sebuah Facebook Page dengan konten yang tidak pantas, Anda juga bisa melaporkannya. Sehingga, Anda tidak akan diganggu kiriman posting dari Page yang tidak disukai.

-> Kunjungi Facebook Page yang ingin kamu laporkan

-> Klik Facebook 1dan sebuah menu akan muncul di bawah cover Facebook Page

-> Pilih ‘Report Page’

Facebook 1

-> Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk melaporkan ke Facebook

5. Jadilah diri sendiri


Facebook adalah sebuah komunitas di mana penggunanya menggunakan nama dan identitas asli. Jadi kita semua bertanggung jawab terhadap perbuatan sendiri. Berbohong tentang nama atau umur merupakan pelanggaran terhadap aturan penggunaan Facebook. Ingat, menjadi dirimu sebenarnya jauh lebih baik daripada berpura-pura menjadi orang lain.

Pada akhirnya, Facebook adalah platform media sosial untuk memperbanyak teman, bukan musuh. Pastikan bahwa Anda berpikir terlebih dahulu mengenai apa yang akan dikatakan atau lakukan, serta dengan siapa Anda terhubung.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0949 seconds (0.1#10.140)