Ini Cara Mengetahui Rating Gim yang Sesuai untuk Anak

Selasa, 24 Maret 2020 - 10:22 WIB
loading...
Ini Cara Mengetahui Rating Gim yang Sesuai untuk Anak
Ini Cara Mengetahui Rating Gim yang Sesuai untuk Anak
JAKARTA - Sangat normal bagi anak bermain gim, baik PC ataupun mobile. Namun, tidak semua permainan atau pemain sama. Tulisan batasan usia di kotak permainan bukan informasi tanpa tujuan. Pertanyaannya, siapa yang menetapkan batasan usia gim video?

Ada banyak sistem peringkat usia gim video di seluruh dunia. Sebagian besar negara Eropa mematuhi standar Pan European Game Information (PEGI). Di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, menganut Entertainment Software Rating Board (ESRB).

Jerman, Rusia, Australia, menggunakan beragam sistem klasifikasi. Jepang memiliki dua lembaga Computer Entertainment Rating Organization (CERO) dan Ethi’cs Organization of Computer Software (EOCS).

Adapun App Store pada Apple memakai sistemnya sendiri. Sementara Google Play mendukung banyak standar regional. Sebagian besar negara menggunakan sistem International Age Rating Coalition (IARC). Dengan kata lain, ada banyak peringkat gim video berbeda. Klasifikasi mana yang tepat untuk dijadikan pedoman bukan hal mudah.



Menafsirkan Batasan Usia

Sebagian besar sistem menunjukkan usia minimum yang disarankan. Tetapi, tidak semua angka dapat dipahami harfiah. Misalnya, peringkat Rusia 0+ sama dengan PEGI 3 (untuk segala umur). Sementara sistem ESRB menggunakan deskripsi E - semua orang (everyone), T - remaja (teenager), dan sebagainya.

Tujuan klasifikasi ini adalah memberi tahu pembeli bahwa di sebuah gim mungkin mengandung bahasa dewasa hingga adegan kekerasan.



Selain batasan usia, banyak hal yang menentukan gim mendapat peringkat (rating) tertentu. Misalnya, ESRB menggunakan deskripsi verbal dari elemen yang dapat menyebabkan pelanggaran. Di Eropa, Korea Selatan, dan Jepang, memakai piktogram.

Di beberapa wilayah, sebuah gim mendapat rating “memerlukan bimbingan (advisory)”. Di wilayah lain malah lebih ketat. Di banyak negara, menjadi pelanggaran hukum menjual gim 18+ kepada anak di bawah umur.

Gim DayZ sempat dibatasi di Australia tahun lalu karena pemain bisa mendapat bonus setelah karakternya memakai narkoba. Untuk dapat menembus toko-toko di Australia, para pengembang merilis versi modifikasi permainan.

The Sims 4 adalah contoh gim dengan klasifikasi usia berlawanan. Dari paling biasa (6+) hingga paling ketat (18+). Sebagian besar sistem penilaian sepakat itu cocok untuk klasifikasi remaja. Di Rusia, gim tersebut diperuntukkan bagi orang dewasa karena memungkinkan menciptakan pasangan sesama jenis dan bertengkar dengan kerabat.

Bagaimana Memilih Gim yang Tepat untuk Anak?

Menurut Kaspersky, ada beberapa tipsnya. Pertama, tidak hanya batas usia, mengetahui jenis permainannya pun sangat penting. Bandingkan peringkat di negara Anda dengan negara lain untuk gambaran lebih komprehensif.

Tonton trailer gim di YouTube atau ulasan online untuk menemukan blogger dan vloggers. Setelah membeli, cobalah memainkannya bersama sang buah hati. Cari tahu bagaimana cara permainan berjalan, bicarakan grafik, alur, serta dialog di dalamnya.

Agar buah hati tidak menghabiskan terlalu banyak waktu bermain gim, gunakan alat kontrol orang tua untuk menetapkan batas waktu. Misalnya, Kaspersky Safe Kids memungkinkan penetapan batas waktu, baik di komputer maupun ponsel cerdas. (Danang Arradian)
(ysw)
preload video
Komentar Anda