Ditinggal Microsoft, Pengguna Windows 7 Tak Bisa Matikan Komputer

Senin, 10 Februari 2020 - 13:57 WIB
Ditinggal Microsoft, Pengguna Windows 7 Tak Bisa Matikan Komputer
Ditinggal Microsoft, Pengguna Windows 7 Tak Bisa Matikan Komputer
A A A
REDMOND - Microsoft sudah mengakhiri dukungannya untuk Windows 7 pada pertengahan Januari lalu. Baru-baru ini banyak para pengguna yang melaporkan adanya isu perangkat komputer yang tidak bisa dimatikan.

Beberapa pengguna Windows 7 mengatakan mereka menerima pesan "You don't have permission to shut down this computer" setiap mereka ingin mematikan atau me-reboot komputer. Gangguan ini disebabkan oleh bug yang masih belum diketahui asal-usulnya.

Juru bicara Microsoft mengatakan kepada Bleeping Computer dalam sebuah pernyataan, bahwa perusahaan sedang menyelidiki penyebab bug tersebut. Kendati belum diketahui penyebabnya, dalam forum Microsoft di Reddit, beberapa pengguna telah menemukan cara cepat untuk menyelesaikan masalah ini secara sementara.

Cara ini terbilang cukup mudah, tapi pengguna harus melakukan langkah-langkah ini setiap kali mereka ingin mematikan atau me-reboot PC mereka.

Langkah pertama, buat akun admin baru. Lalu login ke akun admin tersebut, atau akun admin lain yang sudah ada di sistem. Kemudian, masuk kembali ke akun admin default. Lalu matikan atau reboot secara normal.

Dilansir dari ZDnet, Senin (10/2/2020), terdapat ada juga cara permanen tapi tidak resmi yang dibagikan pengguna Reddit dan oleh perusahaan dukungan IT Quick Heal.

Langkah-langkah tersebut adalah:

1. Tekan tombol Windows+R untuk membuka jendela Run.
2. Ketik gpedit.msc dan tekan Enter.
3. Di jendela Group Policy Editor, masuk ke Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options.
4. Di panel sebelah kanan opsi Security Options, cari dan double klik "User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode."
5. Di jendela baru, klik Enable (aktifkan).
6. Buka kembali jendela Run, kali ini ketik "gpupdate /force" dan tekan Enter. Ini akan meng-update semua kebijakan grup.
7. Nyalakan kembali atau matikan komputer seperti biasa.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5386 seconds (0.1#10.140)