Microsoft Hadirkan Fitur Sudo di Windows Server pada 2025

Senin, 05 Februari 2024 - 14:53 WIB
loading...
Microsoft Hadirkan Fitur Sudo di Windows Server pada 2025
Microsoft Hadirkan Fitur Sudo. FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Microsoft baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan fitur Sudo ke Windows Server 2025.



Fitur ini, yang sudah populer di kalangan pengguna Linux dan macOS, memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah dengan hak istimewa administrator tanpa harus masuk sebagai administrator.

Seperti dilansir dari The Verge, (5/2/2024), untuk meningkatkan keamanan: Sudo membantu mencegah pengguna non-admin untuk membuat perubahan yang tidak disengaja atau berbahaya pada sistem.

Meningkatkan efisiensi: Sudo memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah dengan hak istimewa administrator tanpa harus keluar dan masuk kembali ke akun administrator.

Meningkatkan kontrol: Sudo memungkinkan administrator untuk mengontrol dengan tepat perintah mana yang dapat dijalankan oleh pengguna non-admin

Sudo bekerja dengan menambahkan pengguna ke file konfigurasi sudoers. File ini menentukan pengguna mana yang diizinkan untuk menjalankan perintah mana dengan hak istimewa administrator.

Pengguna dapat menjalankan perintah sudo dengan memasukkan nama perintah diikuti dengan argumen yang diperlukan.

Misalkan Anda ingin menginstal perangkat lunak baru di server Windows. Anda dapat menggunakan sudo untuk menjalankan perintah berikut:

Perintah ini akan menginstal perangkat lunak dengan hak istimewa administrator, tanpa harus masuk sebagai administrator.

Fitur sudo akan tersedia di Windows Server 2025 Standard dan Datacenter editions. Fitur ini tidak akan tersedia di Windows Server 2025 Essentials edition.

Hadirnya fitur sudo di Windows Server 2025 merupakan kabar baik bagi para pengguna Windows Server. Fitur ini akan meningkatkan keamanan, efisiensi, dan kontrol server.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)
pixels