Bagaimana Membedakan Layar Refresh Rate 90Hz dengan 60Hz?

Minggu, 12 Januari 2020 - 15:45 WIB
Bagaimana Membedakan Layar Refresh Rate 90Hz dengan 60Hz?
Bagaimana Membedakan Layar Refresh Rate 90Hz dengan 60Hz?
A A A
JAKARTA - Para reviewer sering membicarakan tentang kelancaran tampilan 90Hz dan mereka tak ingin kembali menggunakan perangkat dengan layar 60Hz standar. Pabrikan ponsel pun memposisikan kemampuan fitur tersebut sebagai nilai jual utama handphone.

Apa itu refresh rate 90Hz sebenarnya? Singkatnya, kecepatan refresh layar adalah berapa kali gambar di atasnya diperbarui. Ini terjadi 60 kali per detik pada layar 60Hz, 90 kali per detik pada layar 90Hz, dan seterusnya.

Sangat teknis memang. Saat ada gerakan, layar 90Hz dapat menampilkan 30 "langkah" lainnya saat benda bergerak di layar ponsel, membuat gerakan itu terlihat lebih menyenangkan bagi mata. Tetapi apakah perbedaannya sangat mencolok?

Pada bulan Juli lalu, laman Phone Arena menggelar tes tampilan 60Hz vs 90Hz dan hasilnya menarik. Tapi hasil tidak konklusif karena hanya menggunakan satu ponsel dengan layar 90Hz.

Sekarang Phone Arena memiliki banyak pilihan dan memutuskan untuk mengulang tes dengan menggunakan OnePlus 7 Pro dan 7T Pro yang memiliki tampilan OLED identik, resolusi sama, dan ukuran diagonal.

Mereka memastikan memiliki mode warna dan pengaturan kecerahan yang sama pada keduanya untuk membuat layar tampak identik. Kemudian menetapkan satu ke 90Hz dan yang lain ke 60Hz dan melanjutkannya dengan beberapa subjek uji.

60Hz vs 90Hz
Kedua ponsel diserahkan kepada 15 orang dengan kotak masuk Gmail dibuka di keduanya, di mana orang dapat menggulir ke atas dan ke bawah sesuai keinginannya. Kemudian kami memberi tahu mereka untuk bermain dengan handphone tanpa menavigasi ke halaman yang berbeda.

Setelah itu, mereka diminta untuk memberi tahu apakah mereka dapat melihat perbedaan antara kedua layar. Mendapatkan jawaban pasti selama pengujian 90Hz vs 60Hz terbukti lebih sulit dari yang diharapkan.

Tetapi dengan bantuan beberapa pertanyaan tambahan, mereka berhasil mendapatkan ide bagus tentang kesan orang. Pernyataan seperti "ini terlihat lebih segar" atau "surat-surat yang satu ini lebih jelas" diabaikan.

Yang dicari hanya jawaban terkait dengan kelancaran. Jika orang tidak mengatakan apa-apa tentang itu, diasumsikan mereka tidak melihat perbedaan. Dan di bawah ini adalah hasilnya.

Sebanyak 11 orang tidak melihat ada perbedaan dalam kelancaran. Lalu 3 orang mengatakan satu tampak lebih halus dan memilih satu set ke 90Hz. Kemudian 1 orang sisanya mengatakan, satu tampak lebih halus dan memilih satu set ke 60Hz... untuk beberapa alasan.

Ya rata-rata pengguna tidak benar-benar melihat perbedaan yang signifikan di antara kedua handphone itu. Namun bagaimana bila seorang ahli yang menganalisa?

Phone Arena pun membawa kedua handset kepada Victor untuk diuji di laboratorium. Dia telah menikmati tampilan 90Hz dari OnePlus 7T selama tiga bulan dan menilai itu jauh lebih baik daripada 60Hz.Jadi kesimpulannya, agak sulit membedakan mana layar handphone refresh rate 60Hz dengan display 90Hz.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8616 seconds (0.1#10.140)