Google Pay Kuatkan Sistem Keamanan saat Kirim Uang

Jum'at, 01 November 2019 - 06:01 WIB
Google Pay Kuatkan Sistem Keamanan saat Kirim Uang
Google Pay Kuatkan Sistem Keamanan saat Kirim Uang
A A A
MENLO PARK - Apple dan Google adalah penguasa pasar pembayaran melalui mobile yang tak terkalahkan di Amerika Serikat. Saat ini Apple Pay dan Google Pay mendukung ratusan bank dan lembaga keuangan, untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran melalui ponsel mereka.

Namun, bukan berarti tidak ada celah untuk melakukan perbaikan. Hingga kini pengguna Google Pay di AS hanya dilindungi oleh PIN dalam setiap transaksi yang dilakukan.

Untuk itu, Google Pay melakukan pembaruan dengan menambahkan fitur otentikasi biometrik dalam setiap melakukan transfer uang. Fitur tersebut tersedia pada perangkat dengan sistem operasi Android 10, seperti Pixel 4 dan One Plus 7T.

Berdasarkan laporan AndroidPolice, yang dikutip dari Phone Arena, opsi keamanan baru ini hanya berfungsi untuk API (Application Programming Interface) biometrik Android 10.

Artinya, ponsel yang masih menggunakan sistem operasi di bawah itu tidak memungkinkan untuk menjalankan fitur tersebut. Kecuali beberapa ponsel dengan sistem Android 9 yang memiliki fitur fingerprint.

Jadi, selain menggunakan PIN, pengguna fitur ini juga menggunakan pemindai jari atau wajah dalam proses transaksi. Fitur ini tidak memengaruhi fitur lain seperti pembayara NFC (Near Field Communication), karena hanya berfungsi saat mengirim uang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0071 seconds (0.1#10.140)