Google Play Store Lakukan Bersih-bersih, Aplikasi Usang Akan Dibuang

Jum'at, 08 April 2022 - 11:27 WIB
loading...
Google Play Store Lakukan Bersih-bersih, Aplikasi Usang Akan Dibuang
Google sedang bersiap untuk melakukan bersih-bersih dengan membatasi ketersediaan aplikasi usang di Play Store mulai 1 November 2022. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Google sedang bersiap untuk melakukan bersih-bersih dengan membatasi ketersediaan aplikasi usang di Play Store mulai 1 November 2022. Nantinya semua aplikasi yang ada di Google Play Store harus menargetkan level API dalam waktu dua tahun sejak rilis OS Android utama terbaru.

Jika kebijakan ini tidak dituruti, Google mengatakan akan membatasi aplikasi tersebut dapat ditemukan atau diinstal. Ini juga untuk memastikan bahwa perangkat lunak yang tersedia dari Play Store menggunakan fitur privasi dan keamanan terbaru Android.

"Kami berharap untuk menyadari potensi penuh dari semua privasi dan perlindungan keamanan yang ditawarkan Android," kata direktur manajemen produk Google Krish Vitaldevara dalam sebuah posting blog yang dikutip The Verge, Jumat (8/4/2022).



Vitalvedara menambahkan, memperluas persyaratan API level ini menjadi target perusahaan untuk melindungi pengguna dari menginstal aplikasi lama yang mungkin tidak memiliki perlindungan ini.

Ada beberapa peringatan penting yang perlu diperhatikan pengguna, pertama pembatasan hanya akan berlaku saat perangkat menjalankan versi Android yang lebih baru daripada API level aplikasi.

"Jadi, siapa pun yang masih menggunakan OS Android versi lama masih dapat mengunduh aplikasi yang dibuat dengan mempertimbangkan versi Android (lama)," katanya.



Kedua, Google mengatakan pengguna akan dapat mengunduh ulang dan menginstal aplikasi apa pun yang sebelumnya telah mereka unduh dari Play Store.

Pengembang dapat mengajukan perpanjangan enam bulan jika perangkat lunak mereka tidak siap pada waktunya untuk batas waktu 1 November 2022.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)