Teknik Mendapatkan Latar Belakang Foto Malam yang Indah

Selasa, 17 September 2019 - 15:12 WIB
Teknik Mendapatkan Latar Belakang Foto Malam yang Indah
Teknik Mendapatkan Latar Belakang Foto Malam yang Indah
A A A
SAAT melihat pemandangan malam yang indah dengan berbagai lampu warna-warni, sering kali kita tergoda untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan malam tersebut. Namun, sering kali hasil foto yang kita dapatkan tidaklah sesuai harapan.

Ada kalanya wajah terlihat kabur (blurred ) akibat pengaturan kecepatan rana (shutter speed ) yang terlalu rendah, terutama jika memotret menggunakan kamera smartphone dengan sensor kecil yang membutuhkan exposure cahaya yang lebih lama sehingga shutter speed yang digunakan semakin lambat pula.

Jika kita menggunakan kamera digital dengan pengaturan otomatis, umumnya kamera akan menyalakan lampu flash untuk menerangi wajah dan berusaha mempertahankan kecepatan yang relatif tinggi untuk mencegah risiko gambar kabur akibat camera shake.

Alhasil, foto wajah akan terlihat terang dan tajam namun latar belakang pemandangan malam yang ingin kita dapatkan dalam hasil foto menjadi cenderung gelap karena kurangnya exposure cahaya yang masuk ke kamera. Untuk mendapatkan foto dengan wajah yang tajam dan terang serta latar belakang foto yang juga terlihat terang dan berwarna pada malam hari, caranya tidaklah terlalu sulit.

Kita cukup memadukan penggunaan lampu flash dari kamera dengan pengaturan shutter speed kamera yang rendah.
Lampu flash akan menerangi wajah agar terlihat tajam, sementara kecepatan shutter speed yang rendah memastikan pencahayaan di latar belakang terserap secara memadai oleh sensor sehingga terlihat terang di hasil foto.

Bandingkan kedua contoh foto berikut. Pada contoh foto 1, latar belakang foto tidak terlihat jelas dan cenderung gelap karena kamera secara otomatis mengatur shutter speed yang tinggi saat mendeteksi bidang bidikan yang relatif gelap sehingga hanya sedikit cahaya dari latar belakang yang masuk ke dalam sensor kamera.

Adapun pada contoh foto 2, kamera diatur menggunakan shutter speed yang lebih rendah sehingga latar belakang foto tetap terlihat terang dan indah. Saat menggunakan teknik pemotretan ini, ingatkan subjek foto kita untuk tetap tidak bergerak hingga beberapa saat sesudah lampu flash menyala, dan pemotret harus tetap menahan posisi kamera tidak bergerak jika tidak menggunakan bantuan tripod karena rana/shutter kamera masih membuka dan masih terus menyerap cahaya. Selamat mencoba!
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7056 seconds (0.1#10.140)