Penjahat Dark Web Mulai Incar Sektor Kesehatan

Jum'at, 06 September 2019 - 00:03 WIB
Penjahat Dark Web Mulai Incar Sektor Kesehatan
Penjahat Dark Web Mulai Incar Sektor Kesehatan
A A A
JAKARTA - Sektor kesehatan dinilai masih belum memiliki kemampuan keamanan siber yang memadai. Padahal, menurut Kaspersky data yang dimiliki industri medis sedang diincar oleh para penjahat siber di dark web.

Dark web sendiri merupakan situs yang berenkripsi, artinya situs seperti ini tidak dapat ditemukan melalui mesin pencarian konvensional, seperti Google, Yahoo dan sebagainya.

Untuk dapat masuk ke bagian web yang tersembunyi, pengguna harus menggunakan perangkat lunak khusus seperti Tor. Tor adalah singkatan dari "the onion router" dan merupakan metode untuk menganonimkan data.

Berdasarkan penelitian dari perusahaan cybersecurity asal Rusia ini, infiltrasi rumah sakit dan layanan kesehatan merupakan layanan terbaru yang ditawarkan oleh kelompok peretasan anonim tersebut.

Peneliti keamanan di Kaspersky, Seongsu Park, mengatakan Setiap organisasi, individu, dan perusahaan dapat menjadi pelanggan potensial mereka karena para penjahat siber ini menawarkan berbagai layanan.

"Dengan sektor kesehatan yang sedikit tertinggal dalam hal kemampuan keamanan mereka, kami mengamati bahwa kelompok peretasan sekarang aktif untuk mengeksploitasi fenomena ini dengan menambahkan informasi medis dan serangan rumah sakit ke daftar layanan mereka yang tersedia secara publik di dark web," ujarnya saat pemaparan Cyber Security Weekend di Yangon, Myanmar, Kamis (5/9/2019).

Park juga mencatat bahwa catatan medis dapat dianggap lebih berharga daripada kartu kredit. Ini karena rumah sakit umumnya membutuhkan kredensial pribadi dan keuangan pasien sebelum pemeriksaan atau penerimaan.

Adapun motif yang dilakukan penjahat siber dapat mencakup penipuan panggilan, identitas dan pencurian moneter, serta pemerasan dan kejahatan yang diturunkan.

“Berdasarkan indikasi dan pola yang telah kita lihat dan masih lihat di web gelap, tujuan utama individu di balik kelompok peretasan ini adalah untuk menjual informasi medis ke kelompok kejahatan lain atau kepada individu yang bertujuan mengakses data medis rahasia," pungkasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9548 seconds (0.1#10.140)