Bos Huawei PD Umbar Potensi Kerugian Google Imbas OS Hongmeng

Jum'at, 28 Juni 2019 - 20:02 WIB
Bos Huawei PD Umbar Potensi Kerugian Google Imbas OS Hongmeng
Bos Huawei PD Umbar Potensi Kerugian Google Imbas OS Hongmeng
A A A
BEIJING - Pendiri sekaligus CEO Huawei, Ren Zhengfei, mengklaimbahwa Google akan kehilangan ratusan juta penggunanya jika Huawei meninggalkan Android.

Pernyataan tersebut terkati dengan pihaknya yang diketahui sedang membangun sistem operasi pengganti Android yakni Hongmeng.

"Huawei dan Google akan selalu berada dalam kepentingan yang sama, dan jika kami tidak menggunakan sistem Google, Google akan kehilangan 700-800 juta pengguna di masa depan," ujarnya dalam sebuah wawancara dilansir dari Gizmochina, Jumat (28/6/2019).

Kendati demikian, pihaknya sejatinya tak ingi mengganti sistem Google di dalam perangkat buatannya. Menurut Ren hal tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan Huawei melambat.

Tapi jika memang kenyataannya seperti itu, Huawei telah menyiapkan sistem operasi sendiri dan akan mengembalikan pertumbuhannya seperti semula.

HongMeng OS atau Oak OS dikabarkan siap untuk dirilis pada akhir September atau Oktober. Di awal perilisan akan fokus pada perangkat kelas menengah.

Ren percaya diri dengan pernyataanya bahwa Google akna kehilangan ratusan juta pengguna, karena sepertinya sesama vendor asal China akna melakukan koalisi.

Dalam uji cobanya baru-baru ini, merek-merek China lain seperti Vivo dan Oppo turut juga berpartisipasi dalam uji coba tersebut. Diklaim bahwa OS HongMeng sekitar 60 persen lebih cepat daripada Android.

Jika skenario ini bernar terjadi, maka ini bisa menjadi alarm berbahaya bagi Google yang saat ini mendominasi sistem operasi perangkat mobile.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5006 seconds (0.1#10.140)