Facebook Hadirkan Cryptocurrency dan Dompet Digital Tahun 2020

Rabu, 19 Juni 2019 - 20:00 WIB
Facebook Hadirkan Cryptocurrency dan Dompet Digital Tahun 2020
Facebook Hadirkan Cryptocurrency dan Dompet Digital Tahun 2020
A A A
MENLO PARK - Hari ini Facebook secara resmi mengumumkan proyek Libra dan Calibra. Yang pertama adalah cryptocurrency, sedangkan yang kedua adalah dompet digital yang akan memungkinkan Anda untuk melacak saldo dan mengelola transaksi.

Satu hal yang sangat penting untuk ditekankan, Libra tidak akan menjadi cryptocurrency Facebook, tapi dari organisasi nirlaba Libra Association. Faktanya, Facebook telah berkolaborasi dengan 27 perusahaan lain termasuk Iliad, Spotify, Mastercard, Vodafone, PayPal, Lyft, eBay, Pemesanan, Uber dan Visa untuk mendirikan Asosiasi Libra tersebut.

Meskipun setiap anggota asosiasi memiliki hak tunggal untuk memilih, Facebook sebenarnya memiliki dua. Sebab Calibra merupakan perusahaan yang dibuat oleh Facebook dan bagian dari asosiasi.

Dalam praktiknya ini bertujuan meningkatkan inklusifitas finansial dan melakukan transfer nilai serta pembayaran menggunakan internet. Di sini, Dante Disparte yang dideklarasikan, bertanggung jawab atas kebijakan dan komunikasi Asosiasi Libra.

Dilansir dari laman TechLapse, tujuan utama Libra adalah untuk menjamin akses ke manajemen ekonomi yang sederhana dan ekonomis pada populasi yang sedang berkembang. Raksasa jejaring sosial memperkirakan ada sekitar 31% dari populasi dunia, atau 1,7 miliar orang yang tidak dapat memercayakan keuangan dan sistem perbankan mereka karena dianggap terlalu mahal.

Dengan kata lain, penciptaan Libra dan Calibra akan merambah ke rencana terbesar yang melibatkan konektivitas internet murah melalui penggunaan cubesat di orbit Bumi.