Cosmos Sebut Rice Cooker Teknologi Harmond Tak Pakai Zat Kimia Asam

Rabu, 29 Mei 2019 - 08:00 WIB
Cosmos Sebut Rice Cooker Teknologi Harmond Tak Pakai Zat Kimia Asam
Cosmos Sebut Rice Cooker Teknologi Harmond Tak Pakai Zat Kimia Asam
A A A
JAKARTA - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya kaum ibu makin sibuk di dapur. Ada saja yang harus dimasak, bukan hanya kebutuhan makanan harian, tapi juga sajian yang memang disiapkan untuk Lebaran.

Namun kesibukan memasak jangan sampai mengesampingkan kesehatan dan kenyamanan. Apalagi hal ini untuk keluarga tercinta.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah penggunaan rice cooker. Saat ini, rice cooker yang sudah mampu mengolah makanan selain beras, sepintas aman-aman saja jika digunakan sehari-hari.

Namun, ternyata ada bahaya mengintai di dalam proses pengolahannya. Kebanyakan masyarakat Indonesia masih menggunakan perlengkapan masak seperti rice cooker dan penggorengan yang memakai pelapis antilengket/non stick material.

Lapisan ini membuat pengguna merasa nyaman karena makanan tidak ada yang menempel pada permukaan alat. Dan tentunya mudah dibersihkan.

Namun lapisan anti lengket ini juga mengandung zat kimia asam perfluorooctanoic (PFOA) yang diduga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Seperti gangguan tiroid, penyakit ginjal kronis, penyakit hati dan bahkan bersifat karsiogenik yang dapat memicu kanker.

Hal ini terjadi jika lapisan tersebut terkelupas dan bercampur dengan makanan setelah terpapar panas tinggi. Tentunya, Cosmos sebagai produsen andal, terus berinovasi dengan mengeluarkan Rice Cooker Harmond series yang tak menggunakan zat kimia asam PFOA tersebut.

Cosmos yang berdiri sejak tahun 1976 melakukan terobosan dengan memperkenalkan teknologi Harmond, yaitu teknologi antigores pada innerpan (panci) rice cooker Cosmos. Dengan teknologi pemrosesan khusus yang membuat innerpan melewati proses pendinginan sampai mendekati suhu 0 derakat celcius, itu menjadikan lapisan permukaan innerpan kuat dan anti gores, tidak mengelupas, tahan lama, serta tentunya lebih sehat.

“Kami mempersembahkan Rice Cooker Harmond untuk keluarga Indonesia, karena kami perduli akan kesehatan sekaligus sebagai bukti tetap konsisten selama 43 tahun berinovasi terus menerus untuk meningkatkan taraf hidup semua,” ungkap Dharma Surjaputra, Marketing Director, PT Star Cosmos di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Rice Cooker Harmond diklaim juga sudah melewati banyak uji coba untuk membuktikan kualitas lapisan innerpan-nya. Salah satu buktinya adalah lapisan pancinya tidak bisa terkelupas atau tergores meski sudah disikat dengan menggunakan sikat besi atau baja. "Jadi bila tidak bisa tergores, sudah pasti tidak ada lapisan yang terkelupas saat masak dan tercampur bersama nasi," katanya yakin.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8034 seconds (0.1#10.140)