Instagram Berniat Ingin Batasi Jangkauan Hoax

Rabu, 08 Mei 2019 - 19:01 WIB
Instagram Berniat Ingin Batasi Jangkauan Hoax
Instagram Berniat Ingin Batasi Jangkauan Hoax
A A A
MENLO PARK - Konten berisi hoax, misinformasi dan berbagai berbagai teori konspirasi bukan hanya masalah bagi Facebook, YouTube, dan Twitter. Instagram juga menjadi platform yang dipenuhi konten serupa.

Untuk itu, Instagram menggunakan proses pengecek fakta yang sama dengan yang digunakan perusahaan induknya. Posting yang dianggap salah tidak akan dihapus, tetapi mereka tidak akan muncul di tab Explore.

"Pendekatan kami terhadap misinformasi sama dengan Facebook - ketika kita menemukan misinfo, dari pada menghapusnya, kami akan mengurangi distribusinya," kata Stephanie Otway juru bicara Instagram, dikutip laman Engadget, Rabu (8/5/2019).

Instagram akan mengirim konten yang berpotensi mengandung hoax kepada tim pengecek fakta yang telah menjadi mitra Facebook. Selanjutnya, pengecek fakta bisa memilih dan menilai konten tersebut mengandung hoax.

Dia mengatakan sistem ini telah direncanakan Instagram sejak pemilu sela Amerika Serikat pada 2018. Saat itu, Instagram telah bekerjasama dengan tim News Feed Integrity Facebook.

Instagram juga mempertimbangkan untuk menambahkan pop-up yang muncul ketika orang mencari informasi yang salah, seperti konten anti-vaksin. Namun, cara ini dirasa tidak cukup dan akan lebih baik jika ada label khusus yang menunjukkan bahwa konten tersebut mengandung hoax.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9496 seconds (0.1#10.140)
pixels