Aplikasi NovelMe Gelar Lomba Menulis Novel Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Jum'at, 05 April 2019 - 14:00 WIB
Aplikasi NovelMe Gelar Lomba Menulis Novel Berhadiah Ratusan Juta Rupiah
Aplikasi NovelMe Gelar Lomba Menulis Novel Berhadiah Ratusan Juta Rupiah
A A A
JAKARTA - Next Top Writer, kompetisi novel terbesar di Indonesia digelar mulai 1 April hingga 30 Juni 2019. Mengusung tagline, “Wujudkan Novelmu, Menangkan Hadiahnya”, Next Top Writer adalah ajang bagi para penulis untuk mem-publish karya novel buatannya di aplikasi NovelMe dan berkesempatan memenangkan total hadiah uang tunai ratusan juta rupiah.NovelMe, sebagai penyelenggara Next Top Writer, merupakan aplikasi/platform untuk membaca dan menulis cerita atau konten menarik lainnya. “Anda bisa menikmati kemudahan membaca dan menulis cerita di mana saja dan kapan saja di aplikasi NovelMe,” kata Aji Pribadi, selaku Project Manager NovelMe.

Setiap bulannya, lanjut dia, pengguna NovelMe bertambah lebih dari 100%. Kondisi ini memungkinkan karya-karya penulis bisa dinikmati oleh banyak pembaca setia NovelMe setiap harinya.

Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, memungkinkan banyak penulis dan pembaca menjadikan NovelMe sebagai sahabat setia baca tulis. "NovelMe sendiri hadir sejak November 2018, sampai saat ini telah memiliki sebanyak 50.000 downloader. Untuk untuk tahun ini ditargetkan sebanyak 500.000 downloader," kata Aji Pribadi.

Program ini digelar setelah mereka sukses mengadakan kompetisi menulis cerpen tahun lalu. "NovelMe ingin melahirkan lebih banyak penulis populer dan berbakat, serta menyebarkan kebaikan dengan memproduksi novel yang lebih menarik juga berkualitas," ungkap Aji.

"Next Top Writer" menawarkan total hadiah ratusan juta rupiah untuk para penulis berbakat yang karyanya dipilih secara terbuka dengan suara terbanyak dari pembaca di aplikasi NovelMe. Pengguna aplikasi tinggal memberikan vote kepada novel atau tulisan yang dinilai menarik, kemudian suara yang diberikan tersebut akan dikumpulkan untuk diakumulasi dan ditentukan mana novel yang memiliki vote tertinggi hingga kemudian menjadi pemenang.

Novel yang terpilih menjadi pemenang akan mendapatkan berbagai keuntungan. Mulai dari kesempatan untuk diangkat menjadi film layar lebar, diterbitkan oleh penerbit media cetak, diadaptasi menjadi kartun atau animasi, dibuat dalam bentuk audio serta mendapatkan sertifikat.

"Untuk Next top Writer session pertama ini kita lebih mencoba untuk setiap orang mau mengirimkan karyanya dulu dengan target sampai 600 karya sampai akhir session. Lalu kami akan pilih 10 yang bagus. Nanti dari 10 itu dipilah lagi mana yang akan dicetak, dijadikan film atau dijadikan animasi," tutur Aji.

Mengenai sasaran peserta, dia menegaskan, kompetisi Next Top Writer membidik penulis yang masih amatir. Karena pihaknya ingin memperkenalkan penulis-penulis yang belum terkenal.Sementara terkait transformasi digital yang juga menyentuh industri penerbitan, penulis ternama Muammar Emka mengatakan, peralihan tersebut tidak begitu memberikan dampak yang besar, karena keduanya saling melengkapi.

"Peralihan buku cetak ke bentuk digital, tidak terlalu besar pengaruhnya. Keduanya akan saling melengkapi karena masing-masing memiliki segmen pasar tersendiri,” kata Emka.

Kompetisi Next Top Writer digelar mulai 1 April-30 Juni 2019 yang bisa diikuti seluruh warga negara Indonesia (WNI) tanpa batasan umur. Peserta wajib mengikutsertakan karya novel minimal 30.000 kata dengan tema bebas. Tetapi terbatas pada pilihan genre Romance, Fantasy, Horror, Adventure, Science-Fiction, dan Action.

“Kompetisi ini gratis tidak dippungut biaya, penulis cukup diharuskan mendownload aplikasi NovelMe yang tersedia di Google Play Store atau Apple App Store,” kata Aji.

Karya diharuskan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan orisinil, tidak mengandung unsur pornografi, SARA, politik, serta belum pernah dipublikasikan di media atau platform manapun.

Ada 10 pemenang setiap bulannya selama tiga bulan -10 pemenang bulan April, 10 pemenang bulan Mei, dan 10 pemenang bulan Juni. Selain itu ada juga 10 pemenang tambahan per season/per 3 bulan yang akan diumumkan pada Juli 2019. “Hadiah juara pertama pertama bulanan mendapat Rp10 juta dan hadiah juara pertama per session lebih besar lagi, yakni Rp15 juta,” pungkasnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9312 seconds (0.1#10.140)