Pakai Sentuhan Teknologi, Jaringan Telkomsel Dorong Ekonomi Pedesaan

Jum'at, 04 Januari 2019 - 23:04 WIB
loading...
Pakai Sentuhan Teknologi, Jaringan Telkomsel Dorong Ekonomi Pedesaan
Pakai Sentuhan Teknologi, Jaringan Telkomsel Dorong Ekonomi Pedesaan
JAKARTA - Telkomsel memang masih merajai industri seluler di Indonesia dilihat dari sisi manapun. Lihat saja cakupan jaringannya yang berjumlah lebih dari 184.000 BTS sehingga bisa menjangkau seluruh pelosok Nusantara.

Menariknya lagi, Telkomsel mempunyai 51.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 500 kota/kabupaten. Ini adalah jaminan untuk kelancaran data berkecepatan tinggi bagi para pelanggannya.

Semua layanan dan infrastruktur itu memberikan nilai lebih bagi masyarakat konsumen. Sehingga mereka setia menjadi pelanggan Telkomsel. Tak percaya, lihat saja jumlah pelanggannya yang sudah tembus angka 160 jutaan.

Puaskah BUMN di sektor telekomunikasi ini? Tidak. Manajemen percaya semua itu tidak ada artinya jika tidak memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sebagai pelanggannya.
Pakai Sentuhan Teknologi, Jaringan Telkomsel Dorong Ekonomi Pedesaan

Gebrakan demi gebrakan pun dilakukan Telkomsel. Menggunakan kekuatan jaringan data, perusahaan memberikan nilai lebih terhadap jaringannya kepada pelanggan di daerah pedesaaan.

Memanfaatkan sentuhan Internet of Things (IoT), Telkomsel mewujudkan Digital Innovation Village di Kampung Perikanan Digital yang ada di kawasan pertambakan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pengembangan ekosistem IoT ini diwujudkan melalui penerapan teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things).

Berkolaborasi dengan eFishery dan Japfa melalui anak perusahaanya PT Suri Tani Pemuka, Telkomsel turut mendukung penerapan Teknologi NB-IoT dengan pemanfaatan mesin automatic fish feeder di kolam-kolam ikan untuk meningkatkan efisiensi pakan serta mempercepat siklus panen ikan.



“IoT menjadi salah satu elemen penting untuk mendukung roadmap pemerintah Indonesia Making Indonesia 4.0. Telkomsel secara konsisten terus meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan untuk menghadapi tren IoT yang sedang berkembang secara global,” kata Vice President Corporate Planning Telkomsel Andi Kristianto.

Melalui program ini pula, pihaknya ingin memperlihatkan teknologi IoT kini sudah memasuki seluruh sendi-sendi kehidupan. Bukan hanya di industri besar tapi juga dapat diterapkan ke semua sektor industri, termasuk sektor perikanan.

“Harapannya, Kampung Perikanan Digital meningkatkan produktivitas dan efisiensi budidaya ikan melalui penerapan teknologi NB-IoT. Ini sejalan dengan visi kami melakukan transformasi digital dan senantiasa menjadi yang terdepan dalam menerapkan perkembangan teknologi seluler terkini yang akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia di masa depan,” tutur Andi.
halaman ke-1
Komentar Anda
TEKNO UPDATE